Anis Matta: Pemira Capres PKS Merupakan Tonggak Sejarah


PONTIANAK - Seperti yang dijadwalkan, Presiden PKS Anis Matta tiba di Pontianak hari ini (Sabtu, 30/11) pukul 08.00 beserta Sekjend PKS Taufik Ridho dan rombongan pengurus Pusat PKS. Kedatangan Anis Matta kali ini bertepatan dengan agenda Pemilihan Raya (Pemira) Internal Calon Presiden dari PKS yang dilakukan serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam keterangannya Presiden PKS Anis Matta mengatakan Pemira ini sebagai realisasi tuntutan dari para kader. "Karena ada tuntutan dari kader,  juga dari berbagai tokoh-tokoh masyarakat untuk segera menentukan capres. Dari dua tuntutan ini kita terapkan sistem demokrasi internal yang bisa libatkan partisipasi kader secara menyeluruh," ujar Anis Matta di kantor DPW PKS Kalbar.

Anis Matta beserta rombongan yang tiba Pukul 15.00 di kantor DPW PKS Kalbar, Jl Danau Sentarum langsung memberikan suaranya pada Pemira Internal Capres RI.

Lebih lanjut Anis Matta menyampaikan Pemira kali ini merupakan sejarah bagi PKS sendiri, karena sebelumnya tidak pernah ada pemira untuk Capres, biasanya pemira dilaksanakan untuk pemilihana majelis Syuro PKS.

Ketika ditanya apakah pemira yang dilaksanakan PKS sama seperti yang dilaksanakan oleh Partai yang lain  anis matta menjelaskan "Sistem Pemira ini berbeda dengan konvensi. Kalau di konvensi kan kandidatnya bertarung, kalau ini kandidatnya tidak bertarung tapi kader sendiri yang menentukan siapa yang layak ditetapkan sebagai capres," jelasnya

Lebih jauh anis matta menjelaskan Pemira ini,  nanti ada yang terpilih dan ditetapkan majelis syuro, kandidat ini tidak bertarung dalam 2 medan. Melainkan hanya bertarung dalam 1 medan saja.

"Di dalam tak perlu bertarung, cukup di luar. Kalau konvensi buat orang bertarung di dua medan. Satu di dalam dan satu di luar. Dalam pandangan kami ini cukup meningkatkan ongkos politik kita. Kita di sini berhemat. Penetapan capres bentuk faktor solidaritas," katanya.

Di tempat yang sama Ketua DPW PKS Kalbar Fatahillah Abrar merasa bangga dan terhormat, karena selain dialog kebangsaan yang telah berjalan sukses serta dilanjutkan dengan acara konsolidasi Kader di Hotel Mahkota dan PCC, Presiden PKS Anis Matta beserta Sekjend memberikan suaranya di kalimantan Barat.

“Kita merasa terhormat dan bangga, karena ini juga merupakan sebuah sejarah bagi DPW PKS Kalimantan Barat khususnya kota Pontianak, Pimpinan Partai Presiden dan Sekjend mencoblos di sini” Ujarnya

*Vicky Suryansyah (Humas DPW PKS Kalbar)