NEWS UPDATE :

Aliansi Pro Konstitusi Mesir Tolak Kudeta Militer

Jumat, 12 Juli 2013


MESIR - “Aliansi Nasional untuk Legitimasi Konstitusi” mengajak rakyat Mesir untuk melakukan aksi turun ke jalan ke Kairo, pada hari Jumat esok (12/7/2013). Mereka dihimbau untuk mendukung Presiden Mesir Mohamed Morsi yang digulingkan dalam kudeta militer dan melawan konstitusi.

Aliansi ini terdiri dari beberapa kekuatan politik Mesir. Mereka akan mengkoordinir pawai yang mempunyai misi unjuk rasa dengan tema “Aksi Satu Juta Rakyat untuk Merebut Revolusi”, sebagai penolakan terhadap kudeta militer atas legitimasi konstitusi yang telah menjatuhkan sepihak presiden Mohammad Morsy.

Menurut aliansi ini, dalam sebuah pernyataan, “Pertempuran untuk mengembalikan revolusi dengan cara damai tidak akan pernah berhenti, dan bahwa ketetapan tirani, kediktatoran dan penindasan atas kebebasan serta penutupan saluran media massa, akan menyumbat jalan transformasi demokratis. Dan itu tidak akan menghalangi kita tidak pernah membuat jiwa mundur untuk mempersembahkan jiwa kami yang murah, demi merebut kemuliaan.”

Dalam konteks ini pula, sejumlah organisais pemuda dari berbagai aliran melakukan kampanye “Aliansi Pemuda Menentang Kudeta Militer”.

Mereka juga mengeluarkan pernyataan dengan menyatakan, “Kami adalah kelompok pemuda yang mencakup pemuda dari berbagai sayap nasional pemuda Mesir yang telah terlibat pada revolusi 25 Januari yang mulia untuk merumuskan negara peradaban Mesir yang modern, didasarkan pada pengalihan kekuasaan yang damai dan menjunjung kebebasan.”

Dalam pernyataannya, mereka menyatakan penolakan segala bentuk otoritas represif dan menolak kudeta militer meski ada perbedaan terhadap keputusan dan kebijakan Presiden Mohamed Morsi. “Kami bergerak untuk menolak perampasan kekuasaan oleh tangan militer yang telah menyakitkan kami selama saat Mesir di bawah kekuasaan mereka, paska revolusi yang telah mengalirkan darah kami,” demikian bunyi pernyataan yang diterima oleh Aljazeera.

Mereka lalu menyatakan kembalinya “presiden terpilih” untuk kembali menjabat dan mengadili para pengkhianat bangsa yang melakukan kudeta. (LNA)

*http://tajuk.co/2013/07/aliansi-pro-konstitusi-mesir-tolak-kudeta-militer/

:: PKS PIYUNGAN | BLOG PARTAI KEADILAN SEJAHTERA :: 
Klik Download App BB | Klik Download App Android
Share on :
 
© Copyright PIYUNGAN ONLINE
fixedbanner