NEWS UPDATE :

Ustadz Soeman, Stand Up Comedian Kocak dari PKS

Sabtu, 04 Mei 2013


Meski sudah masuk usia paruh baya, sosok politikus PKS TB Soenmandjaja selalu ceria. Kehadirannya selalu bisa membawa suasana gembira di setiap acara. Bahkan kini dia dikenal sebagai stand up comedian asal Sunda.

Soenman menjadi salah seorang pemateri dalam acara konsolidasi perwakilan PKS di luar negeri yang digelar di Istanbul, Turki, pada 27-29 April 2013 lalu. Dia datang sengaja untuk membawa tema '4 pilar' selaku ketua fraksi PKS di MPR.

Sepanjang perjalanan dari Indonesia ke Turki, pria yang sudah tiga periode duduk di DPR ini tak henti-hentinya menebar canda. Semua kalimat bisa berubah jadi lawakan sederhana, namun cukup membuat suasana jadi ceria.

Tak heran, ketika Presiden PKS Anis Matta selesai memberikan orasi kepada 100 delegasi kader PKS dari 22 negara di kapal ferry yang membelah Selat Bosphorus, Soenman didaulat untuk 'show' sebagai stand up comedian. Tanpa pikir panjang, pria yang tinggal di Kabupaten Bogor, Jabar, ini langsung maju ke atas pentas.

"Saya sebenarnya tak suka dijamu. Soalnya jamu itu pahit," kata Soenman enteng yang disambut tawa hadirin.

Salah satu materi andalan Soenman dalam melawak di antaranya adalah soal ikan. Dengan mimik wajah serius, dia bercerita, hal yang membuat manusia gembira, sedih, hingga meninggal di dunia ini cuma ikan.

"Kalau gembira itu pas kena-ikan gaji, kena-ikan jabatan. Kalau sedih kena-ikan BBM, kena-ikan harga barang pokok. Nah kalau meninggal dunia itu kena-ikan gajah," celetuknya sambil tertawa.

Di sela-sela perjalanan, Soenman juga pernah tiba-tiba membuat semua kader PKS kaget. Kali ini, dia cerita soal Masjidil Haram di Makkah yang sedang direnovasi.

"Jadi, hari ini tidak boleh salat Jumat di sana," kata ayah 8 anak ini.

"Loh kenapa, Ustad?" tanya beberapa kader PKS.

"Iya kan hari Sabtu, jelas dilarang. Kalau salat Jumat ya hari Jumat," ujarnya terkekeh.

Karier politik Soenman sebetulnya sudah berjalan sejak lama. Dia masuk jadi anggota DPR saat PKS masih bernama Partai Keadilan. Kala itu, Soenman bergabung di fraksi Reformasi.

Setelah itu, berturut-turut dua kali Soenman kembali jadi anggota Dewan dari PKS di Dapil Kabupaten Bogor. Kini, pria yang selalu dipanggil 'Ustad' oleh kader-kader muda PKS ini duduk di Komisi II DPR sekaligus ketua Fraksi MPR. Pada pemilu 2014 nanti, Soenman akan kembali mencalonkan diri.

"Yah, jadi anggota DPR itu kan urusannya dengan yang memilih, jadi tidak boleh membuat sakit hati orang, tapi membahagiakan orang," pesan Soenman saat ditanya soal hobinya yang gemar melawak.
(mad/nwk) [news.detik.com]



:: PKS PIYUNGAN | BLOG PARTAI KEADILAN SEJAHTERA :: 
Klik Download App BB | Klik Download App Android
Share on :
 
© Copyright PKS PIYUNGAN 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com | Redesign by PKS PIYUNGAN