NEWS UPDATE :

5 Tahun Web PKS PIYUNGAN 25 Juta Views | Sebuah Catatan Admin

Rabu, 15 Mei 2013


***

Alhamdulillah... tiada kata seindah selain itu untuk menggambarkan perjalanan 5 tahun Web PKS PIYUNGAN (15 Mei 2008 - 15 Mei 2013).

Di tengah cobaan demi cobaan yang makin menguatkan keyakinan kita akan kebenaran jalan dakwah ini, ijinkan admin untuk sedikit berbagi keindahan sepanjang 5 tahun mengelola web ndeso ini, tepat di hari ultahnya 15 Mei 2013.

Saat saya ketik ini jam menunjuk pukul 15.52 dan sebetulnya tak tahu juga harus menulis dengan 'angle' seperti apa. Kesibukan memantau dan mengabarkan dinamika PKS tingkat pusat yang menjadi perhatian seluruh kader se-dunia membuat admin awalnya tak berniat untuk membuat tulisan ini. Mungkin suasanannya agak kurang tepat, namun sejarah tetap harus dicatat agar ada kesinambungan dan mudah-mudahan bermanfaat.

Baik, saya mulai saja dari yang mudah: pemaparan data.

Total kunjungan (pageviews)

Selama kurun 5 tahun sampai detik tulisan ini dibuat tercatat jumlah kunjungan/pageviews ada 25.072.519 (25 juta lebih) seperti pada gambar yang admin croping dari web PKS PIYUNGAN sore ini. 

Banyak yang sering bertanya setelah melihat widget 'Pageviews' yang jalannya super kencang, apa itu rekayasa apa beneran. Admin hanya bisa mengatakan kejujuran adalah ruh kami dan tidak ada 'johan' diantara kita #eaaa.


Kunjungan Harian


Penayangan (Pageviews) harian memang berfluktuatif dan faktor yang paling menentukan adalah dinamika politik yang sedang dialami PKS. Jadi kalo ada isu PKS yang hot seperti sekarang ini maka pengunjung/pageviews otomatis meningkat hingga rekor terjadi hari Senin kemarin (13/5) dengan pageviews satu hari mencapai 407.617. Walau begitu secara agregat rata-rata dalam kondisi normal views tiap hari 3 bulan terakhir ini diatas 200.000 views. (Lumayan buat iklan sebetulnya.. hehe...)


Alexa Rank

Pada bulan Maret 2013 lalu, web PKS Piyungan untuk pertama kalinya berhasil masuk dalam jajaran "The Top 500 sites in Indonesia" menurut pemeringkatan web yang dilakukan Alexa Internet, Inc. Web PKS Piyungan bertengger di urutan ke-479 dan menjadi satu-satunya web parpol yang masuk 500 besar.


Dan hari ini, tepat di usia 5 tahun, alhamdulillah ada peningkatan menjadi ranking 377. Tapi Alexa ini juga fluktuatif, dan admin tidak pakai tools apapun untuk 'merekayasa' ranking Alexa, ini murni karena pageviews web saja yang mempengaruhi rank Alexa.  (Dan sedikit perbandingan dengan web portal berita pedomannews.com miliknya bang Fajrul, siapa tau beliau membaca tulisan ini, pedomannews.com berada di peringkat 9.066. cemungudh bang Fajrul ).


Aplikasi Mobile



Memasuki tahun 2013, alhamdulillah atas inisiatif dan jasa dari al akh Rahmat El'azzam dkk Web PKS PIYUNGAN bisa diakses dengan cepat dan mudah bagi pengguna smartphone. Hal ini dengan dibuatnya aplikasi mobile baik untuk android, Blackberry maupun iOS (iPhone, iPad, iPOd). Dengan demikian para pengguna smartphone bisa dengan mudah mengupdate perkembangan informasi di situs ini.

Yang lebih bikin cetar, dua hari setelah rilis di App World, Aplikasi BB PKS Piyungan diunduh di 37 negara.

Download:



Social Media PKS Piyungan

Selain web, PKS Piyungan juga memiliki social media berupa fanpage faceboook (official) dan akun twiter @pkspiyungan (sebetulnya sih akun personal admin...hehehe... #nomention :D)

Fanpage

Sampai tulisan ini dibuat ada 29.831 fans (yg nge-like) PKS Piyungan. Oh ya, icon fanpagenya dedicated untuk abang kita yang sama kita kagumi dan banggakan, Fahri Hamzah.. U Rock!



Twitter

Sampai tulisan ini dibuat ada 19.079 followers



Epilog

Tentu banyak sekali kekurangan, kesalahan, keteledoran dan keterbatasan admin dalam mengelola media ini. Namun, sungguh saya merasa sangat berbahagia dan bersyukur padaNYA yang telah menjadikan diri ini salah satu dari bagian jamaah penuh berkah ini. Semoga upaya kecil dan sederhana mengelola media ini menjadi salah satu bentuk kontribusi bagi jamaaah ini yang telah mengizinkan saya bergabung bersamanya, menyusuri langkah indah di jalannya, merasakan detik-detik bahagia sepanjang jalannya. Tak ada yang saya cari kecuali agar kelak tak mati sia-sia. Mengharap maghfiroh dan ridhoNYA.

Dan kalau ada yang bertanya (tanya), bagaimana saya sendirian bisa bertahan mengelola media ini, maka jawaban saya seperti yang diungkapkan oleh ustadz Cahyadi Takariawan...

"Cinta kita pada dakwah inilah yang akhirnya membuat energi kita selalu besar, selalu ada, dan terus ada untuk memperjuangkan dakwah kita” .



Salam Cinta

Piyungan, 15-05-2013

Admin @pkspiyungan on twitter



:: PKS PIYUNGAN | BLOG PARTAI KEADILAN SEJAHTERA :: 
Klik Download App BB | Klik Download App Android
Share on :
 
© Copyright PIYUNGAN ONLINE
fixedbanner