NEWS UPDATE :

Malam Tahun Baru, Kalbar Gelar Konser Kemanusiaan untuk Palestina Bersama Opick dan Izzis

Senin, 31 Desember 2012


PONTIANAK - Bertempat di Pontianak Convention Center KNRP cabang Kalimantan Barat menggelar Konser Kemanusiaan 'Tahun baru untuk Palestina' tepat di malam pergantian tahun 2012-2013, senin 31/12.

Acara yang digelar pukul 19.00-23.00 ini panitia secara khusus mendatangkan Opick dan Izzatul Islam dari Jakarta, juga hadir Syeikh dari Palestina.

Walau hujan mengguyur Kalbar, namun antusiasme masyarakat begitu tinggi, terbukti 1000 tempat duduk di dalam gedung penuh dan banyak yang berdiri. Tambahan 300 kursi diluar gedung juga ludes.

Selain penggalangan dana, acara ini juga sekaligus sebagai Pelantikan Pengurus KNRP cabang Kalimantan Barat.



Dan seperti biasa tak ketinggalan, anak-anak ikhwah turut meramaikan acara ini dengan perform diatas panggung. Karena sesungguhnya, perjuangan dan keceriaan itu milik semua. :)





PKS DIY Gelar Muskerwil


YOGYA - Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) DIY menggelar Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil)di Gedung Olahraga SMPIT Abu Bakar Ash Shidiq, Yogyakarta, Minggu (30/12/2012).

Ketua DPW PKS Daerah Istimewa Yogyakarta, Dr Sukamta menjelaskan dalam Musyawarah Kerja Wilayah menjelaskan pandangan masyarakat terhadap partai politik semakin pesimis, namun tidak ada alternatif pilihan lain untuk menentukan masa depan negara kecuali melalui pemilihan umum (pemilu).

"Rakyat tidak ada pilihan lain selain memilih calon pemimpin lewat pemilu. Hanya partai politik yang memiliki hak untuk ikut dalam pemilu." ujar Sukamta melalui keterangan tertulisya.

Sukamta menambahkan partai politik memiliki tanggung jawab yang besar untuk membawa perubahan negara pada kondisi yang lebih baik. Tidak perlu menganggap parpol lain sebagai musuh, karena tantangan sesungguhnya ada pada diri sendiri.

"Semua parpol sah memiliki amanah yang tidak mudah, dan kita tidak perlu melihat partai lain sebagai musuh atau lawan. Lawan utama kita justru ada pada diri sendiri." tambahnya.

Sukamta menambahkan Muskerwil ini sebagai 'peluit' bagi semua kader untuk memulai kerja-kerja dengan orientasi perubahan masa depan Indonesia menuju arah yang lebih baik. (krjogja)


___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

The Week: “Kubu Oposisi Mesir Tidak Konsisten dengan Demokrasi”

Minggu, 30 Desember 2012

Mingguan Inggris, The Week  mengkritik kubu anti hasil referendum konstitusi baru Mesir.

Mingguan The Week menulis, sikap keras kepala kubu oposisi Mesir menolak hasil referendum konstitusi baru negara ini yang menunjukkan tuntutan rakyat, sejatinya sebuah indikasi bahwa kubu oposisi Liberal Mesir bukan saja tidak puas dengan demokrasi namun mereka juga tidak konsisten dengan sistem ini.

Terkait dengan sikap para pemimpin kubu Liberal Mesir yang melecehkan tuntutan warga sipil negara ini Media Inggris ini menulis, “sikap seperti ini menunjukkan bahwa mereka menilai warga kelas bawah tidak memiliki hak suara.”

The Week seraya menekankan kubu Islam mendapat dukungan dari kalangan akademisi warga kelas menengah menyebut bahwa mayoritas kubu sekular Mesir memiliki hubungan ideologi dengan rezim terguling Hosni Mubarak. Dengan demikian keberadaan kubu seperti ini patut dicurigai.

Menurut The Week, itikad baik Ikhwanul Muslimin tahun lalu di Mesir seperti mendirikan sekolah dan rumah sakit di seluruh wilayah negara ini serta memberi bantukan finansial kepada fakir miskin ketika rezim Mubarak tak mampu melakukannya, merupakan faktor dukungan besar rakyat kepada kelompok ini serta membuat popularitas Ikhwanul Muslimin terdongkrak, bahkan sebelum meletusnya revolusi rakyat 25 Januari 2011. [pelitaonline]


___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

PKS: Presiden Baru Harus Berani Bersihkan Istana

Partai Keadilan Sejahtera telah menetapkan kriteria calon presiden yang akan diusung mereka dalam pemilihan umum (Pemilu) 2014 nanti. Ketua Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid mengatakan, minimal capres yang didukung PKS nantinya adalah tokoh yang dianggap tidak akan mengulangi kesalahan presiden sebelumnya.

"Berani dekat dengan rakyat, bukan karena pencitraan," kata Hidayat saat menghadiri acara refleksi akhir tahun PKS di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Sabtu (29/12/2012).

Selain itu, menurut Hidayat, capres PKS harus berani melakukan tindakan hukum dan tidak membiarkan korupsi merajalela. Dia pun harus berani membersihkan Istana dari hal-hal yang bisa mencederai wibawa Pemerintah. "Berani merealisasikan komitmen yang selama ini disampaikannya, maupun pencitraannya," ujar Hidayat.

Meskipun belum tegas menyatakan siapa tokoh yang akan didukung sebagai capres PKS 2014, Hidayat menyebut sejumlah nama yang masuk pertimbangan partainya. Mereka adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua Mahkamah Konstitusi Machfud MD, dan pengusaha Chairul Tanjung. Para tokoh ini diundang dalam acara refleksi akhir tahun PKS.

"Tentu saja PKS akan mempertimbangkan nama-nama yang baik, termasuk Dahlan Iskan, Machfud, JK, Chairul Tanjung, dan juga tokoh-tokoh yang selama ini diharapkan oleh rakyat melakukan pencerahan," kata Hidayat.

Dia menambahkan, semua opsi masih terbuka. Bisa saja PKS mengajukan calon dari internal partainya. Jika PKS memperoleh suara yang signifkan, di atas 15 persen, partai itu pasti akan mencalonkan kadernya sebagai presiden 2014. Namun jika perolehan suara di bawah target, atau di bawah 10 persen, kata Hidayat, tentu PKS akan realistis.

"Di PKS juga ada calon-calon yang bagus. Sebut saja presiden PKS, para menteri, kapasitas mencukupi, begitu pula banyak gubernur, ada Jabar, Sumatera Selatan," ucapnya. [kompas.com]


___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

Luthfi Hasan Ishaq (Presiden PKS): "Bersih dari Korupsi bukan suatu prestasi, tapi kewajiban"

Sabtu, 29 Desember 2012

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Luthfi Hasan Ishaq berpendapat, tidak perlu disebut sebagai prestasi jika sebuah partai politik bebas dari praktik korupsi.

“Bebas dari korupsi itu bukan prestasi, tapi merupakan kewajiban. Partai memang harusnya bebas dari korupsi,” kata Luthfi kepada Republika melalui telepon, Sabtu (29/12).

Sepanjang tahun 2012, PKS tercatat sebagai salah satu partai politik yang kader-kadernya cukup bersih, dan tidak terjerat tindak pidana korupsi. Meski demikian, hal itu tidak akan dijadikan daya jual bagi partai berbasis Islam tersebut. Menurut Luthfi, isu korupsi bukanlah isu populis. Ia hanya menjadi perdebatan hangat di kalangan menengah ke atas. Sedangkan bagi kelompok masyarakat menengah ke bawah, kesejahteraan ekonomi dan social menjadi perhatian utama.

Karenanya, PKS, lanjut Luthfi sepanjang 2013 nanti tidak akan repot-repot menjual kebersihan parpol. Tetapi fokus pada upaya penyaluran aspirasi masyarakat kalangan bawah. Sebagai partai dengan basis kader yang cukup solid, PKS memiliki visi untuk menguatkan sekaligus memperluas konsituen, terutama kader-kader akar rumput.

Visi tersebut, dikatakan Luthfi akan terealisasi dengan baik dan sempurna apabila didukung oleh kader-kader PKS yang berkualitas. Sehingga, kualitas dan akhlak politisi PKS yang masih berintegritas dan memiliki komitmen tinggi untuk tidak terjerat korupsi merupakan modal penunjang pencapaian visi partai.

“Tindak korupsi itu kan menyangkut akhlak dan perilaku. Jadi kami anggap sebagai bonus dan politik santun dan bersih ini akan terus diusung PKS,” ujarnya.

Sebelumnya Indonesia Corruprion Watch (ICW) merilis bahwa hanya PKS dan Partai Hanura merupakan partai politik yang kadernya tidak terlibat kasus korupsi. Sebaliknya Golkar menjadi "juara umum" parpol dalam praktik korupsi kadernya.

Dalam rilis yang disampaikan ICW, sepanjang tahun 2012 terdapat sebanyak 25 wakil rakyat dari DPR/DPRD I/DPRD II dan 1 pejabat tinggi negara terjerat korupsi di KPK, Kajaksaan dan kepolisian. 

Dari 25 orang itu, kader Golkar menempati posisi teratas disusul PAN, PD, PDIP, PKB, PPP, dan Gerindra.

Hal itu disampaikan peneliti korupsi politik ICW, Apung Widadi dalam juma pers "Outlook Korupsi Politik 2013" di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Jumat (28/12).

Praktis, dari sembilan partai yang ada hanya PKS dan Partai Hanura yang tak ada kadernya terjerat kasus kejahatan kerah putih tersebut. 


*baca juga: Rilis ICW: Hanya PKS dan Hanura yang Tak Ada Kadernya Tersangkut Kasus Korupsi 



___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

PKS: KPK Bakal Panen Koruptor 'Kakap' Tahun 2013

Anggota Komisi III DPR RI, Indra, mengapresiasi kinerja dan prestasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam menangani berbagai kasus besar sepanjang tahun 2012. Atas dasar itu ia memperkirakan kinerja KPK bakal lebih menggembirakan di tahun 2013.

"Apabila KPK mampu mempertahankan konsisitensinya, maka di tahun 2013 nanti, KPK akan panen tangkapan koruptor kakap," ujar Indra, Jumat, 28 Desember 2012.

Meski begitu, legislator Fraksi Partai Keadilan Sejahtera itu memberikan catatan kepada KPK agar kinerjanya semakin efektif dan efisien di masa mendatang. KPK, katanya, harus lebih mengefektifkan penggunaan Undang-Undang Tindak Pidana Pencucian Uang. "Pembuktian terbalik dan pemiskinan koruptor harus dilakukan," katanya.

Menurutnya, lembaga yang dipimpin Abraham Samad itu juga harus memperkuat sektor pencegahan dan pendidikan/kampanye antikorupsi bagi masyarakat luas. Serta menjadikan pemberantasan korupsi di sektor pertambangan, kehutanan, perpajakan, aparat penegak hukum dan peradilan, sebagai salah satu fokus utama.

Konsekuensi dari semua itu, KPK harus memperkecil ketergantungan sumber daya manusianya dari instansi lain.

"Oleh karena itu, sudah semestinya bagi KPK untuk melakukan perekrutan penyidik dan penuntut mandiri dan independen dengan jumlah yang banyak," kata Indra. (vivanews)


___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

Rilis ICW: Hanya PKS dan Hanura yang Alegnya Tak Ada Tersangkut Kasus Korupsi

Jumat, 28 Desember 2012

Unjuk rasa anti-korupsi (ilustrasi)

JAKARTA - Sebanyak 25 wakil rakyat dari DPR/DPRD I/DPRD II dan 1 pejabat tinggi negara terjerat korupsi di KPK, Kajaksaan dan kepolisian sepanjang 2012. Dari 25 orang itu, kader Golkar menempati posisi teratas disusul PAN.

Hal itu disampaikan peneliti korupsi politik ICW, Apung Widadi dalam juma pers "Outlook Korupsi Politik 2013" di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Jumat (28/12).

Apung membeberkan dari Golkar ada 7 orang yang tersangkut kasus korupsi. Yaitu; Zulkarnen Djabar (anggota Banggar dan Komisi VIII DPR), Yohanes Eluay (Ketua DPRD Jayapura), Iqbal Wobisono (mantan anggota DPRD Jateng), Yurikus Dimang (Wakil Ketua I DPRD Palangakaraya), Andi Irsan Idris Galigo (anggota DPRD Bone), Zahri (Ketua DPRD Pelawan) dan Muhammad Faisal Anwar (anggota DPRD Riau).

Sementara dari PAN ada 5 orang. Yaitu, Riza Kurniawan (Wakil Ketua DPRD Jateng), Taufan Andoso Yakin (Wakil Ketua DPRD Riau), E Suminto Adi (anggota DPRD Mojokerto), Agung Purno Sarjono (anggota DPR Semarang) dan Suminto Adi (anggota DPRD Mojokerto).

Sementara untuk Partai Demokrat terdapat empat orang. Mereka adalah Angelina Sondakh (anggota DPR), Muhammad Nazaruddin (mantan angota DPR), Wisnu Wardhana (Ketua DPRD Surabaya) dan Andi Alifian Mallarangeng (mantan Menpora).

Jumlah kader Demokrat yang tersangkut kasus korupsi sama dengan PDIP. Kader partai berlambang kepala banteng yang terjerat korupsi adalah Izederik Emir Moeis (Ketua Momisi XI DPR), Murdoko (Ketua DPRD Jawa Tengah). Aries Marcorius Narang (Ketua DPRD Palangkaraya) dan Sukarni Joyo (anggota DPRD Kutai Timur).

PKB dan PPP masing-masing punya dua kader. Yaitu; Zulkifli Shomad (mantan Ketua DPRD Kota Jambi) serta M Dunir (anggota DPRD Riau) dari PKB. Sedangkan PPP, SD (anggota DPRD Lobar) dan Jambran Kurniawan (Wakil Ketua DPRD Palangkaraya).

Dan terakhir Partai Gerindra. Seorang kader Prabowo Subianto yang tersangkut korupsi itu adalah Sumartono (anggota DPRD Semarang).

Sementara satu orang lagi anggota dewan yang terlibat korupsi belum teridentifikasi berasal dari partai mana. Yaitu Afit Rumagesan (Ketua DPRD Fakfak).

Praktis, dari sembilan partai yang ada hanya PKS dan Partai Hanura yang tak ada kadernya terjerat kasus kejahatan kerah putih tersebut. [zul]

*http://m.rmol.co/news.php?id=91892



___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

Rencana PT KA Menghapus KRL Ekonomi Ditentang Keras F-PKS

Jakarta (28/12) - Rencana PT KA menghapus KRL ekonomi ditentang keras Fraksi PKS DPR RI. Menurut juru bicara FPKS soal transportasi publik, Yudi Widiana Adia jika PT KA bersikeras menghapus KRL ekonomi maka sesungguhnya mereka melanggar UU No 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian.

Lebih lanjut Yudi mengatakan, PT KA tidak bisa menghapuskan KRL ekonomi karena kebijakan itu merupakan domain pemerintah. Untuk menentukan itu, pemerintahpun wajib melakukan survey terlebih dahulu apakah masyarakat sudah mampu membayar tarif tanpa subsidi atau tidak.

"Jadi dasar hukumnya jelas sehingga PT KA tidak asal menghapuskan KR ekonomi saja," tegas Yudi.

Yudi merujuk kepada pasal 152 ayat (2) dimana disebutkan bahwa kalau masyarakat tidak mampu, pemerintah harus menetapkan KA ekonomi. Kemudian pada Pasal 153 ayat 1 pemerinrah memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan angkutan KA kepada msyarakat dengan tarif terjangkau dan diwujudkan dalam public service obligation (PSO).

Yudi mengajak masyarakat untuk melakukan class action jika Kementerian Perhubungan maupun PT KAI "keukeuh" melanggar UU soal penyediaan transportasi publik yang terjangkau.

Berbau Proyek

Menyinggung soal sikap ngotot oknum Kemenhub dan PT KA menghapuskan KRL ekonomi, Yudi mencurigai motif tertentu dibalik itu semua. Yudi curiga ada motif proyek dibalik sikap ngotot mengganti KR ekonomi dan KRL non subsidi.

"Impor KRL ekonomi itu sulit, yg ada KRL AC bekas dari Jepang. Saya curiga motif proyek impor KRL AC bekas dibalik kebijakan tersebut," tuding Yudi.

Seharusnya, menurut Yudi, PT KA dan Kemenhub memperbaiki fasilitas dan pelayanan KR ekonomi agar lebih manusiawi. Bukan malah menghapuskannya. "Apa pemerintah tidak bisa menyediakan KR ekonomi yang manusiawi," tanyanya.

Jika PT KA keberatan dengan pengadaan KR ekonomi produk dalam negeri dengan alasan tidak efisien, maka Kemenhub lah yang mengambil alih tanggung jawab itu. "Kami akan dukung dari sisi kebijakan anggaran di DPR kalau itu untuk penyediaan transportasi publik yang manusiawi, aman dan terjangkau," pungkas Yudi.

*Sumber: Fraksi PKS DPR RI


___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

Plafon Ruang FPKS Roboh, Teror Karena PKS Tidak Setuju Renofasi Gedung DPR?

foto detikcom
Sejumlah atap plafon ruang anggota Fraksi PKS (FPKS) DPR di lantai 4 Gedung Nusantara I roboh, Kamis (27/12). Berdasarkan sejumlah foto yang beredar di media, kerusakan yang terjadi cukup serius. Sejumlah atap plafon jatuh dan pecah menimpa meja, kursi dan berceceran di lantai karpet ruangan. Di beberapa sisi juga terdapat tetesan air dari atas.

"Ruang anggota FPKS Bukhori Yusuf," demikian disampaikan seorang sumber yang enggan disebutkan namanya kepada detikcom, Jumat (28/12/2012), menjelaskan ruang mana yang mengalami kerusakan.

Belum diketahui dari mana tetesan air ini mengingat gedung Nusantara I DPR sebenarnya tingginya 24 lantai. Namun di bagian atap terlihat berlubang cukup besar.

Itulah anehnya. Apakah kejadian ini murni musibah atau suatu 'kesengajaan' untuk menteror anggota F-PKS karena selama ini FPKS sangat tegas menolak rencana renofasi Ruang Kerja DPR yang menelan biaya milyaran?

Sebagaimana pernah diberitakan detikcom dalam salah satu beritanya "Renovasi Ruang Kerja Rp 6,2 M, PKS: Sekjen DPR Harus Peka Sense of Crisis", FPKS menolak keras renovasi ruang kerja anggota DPR karena memboroskan uang negara untuk sesuatu yang tidak penting. Menurut politisi PKS Indra, Sekjen DPR yang punya rencana ini harusnya peka dengan sense of crisis.

"Seharusnya semua penyelenggara negara punya sense of crisis atas kondisi rakyat kita yang lebih membutuhkan perhatian. Masih sangat banyak rakyat kita yang kelaparan, tidak bisa berobat, tidak sanggup biayai sekolah, dan lain-lain," kata Indra dalam pesan singkat kepada detikcom, Rabu (7/11/2012).

Menurutnya, pemenuhan kebutuhan rakyat jauh lebih penting daripada merenovasi ruang kerja anggota dewan, terlebih dengan anggaran yang begitu fantastis.

"Pemenuhan kebutuhan rakyat tersebut lebih penting daripada pengadaan atau perbaikan fasiltas seperti renovasi toilet Rp 1,4 miliar atau perbaikan ruang kerja Rp 6,2 miliar dan lainnya," terang anggota Komisi III itu.

Lebih jauh Indra menyatakan, selayaknya setiap rencana pengadaan atau renovasi yang diprogramkan Sekjen, memperhatikan skala prioritas, kepatutan dan kondisi masyarakat.

"Dalam setiap program pengadaan atau perbaikan fasilitas yang akan dilakukan baik di Legislatif, Eksekutif, Yudikatif, maka harus memperhatikan kepatutan, skala prioritas, dan kondisi masyarakat kita," jelasnya.



___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

Makna dan Hakikat "Laa ilaaha Illallah" | Kultwit ust @abdullahhaidir1






Abdullah Haidir, Lc
@abdullahhaidir1 


  1. Sekarang kita coba dalami lagi makna laa ilaaha illallaah

  2. Kalimat ini terdiri dari dua bagian; Pertama, Laa ilaaha.. yg disebut dg istilah nafy (peniadaan), kedua adalah Illallah, yg disebut itsbaat (penetapan).

  3. Kalimat ini diawali kata 'Laa' artinya tidak.Unik, karena jarang2 sebuah pernyataan diawali oleh kalimat tidak. Biasanya sebuah pernyataan lebih mengedepankan penetapan, persetujuan, pengakuan, dan semacamnya.. kalaupun ada peniadaan, itu diletakkan belakangan, sebagai pengecualian.

  4. Tapi ini tidak, sejak awal sudah dinyatakan peniadaan. Sebuah ungkapan yang mengandung ketegasan, kelugasan dan kemurnian sekaligus keberanian menyatakan sikap.

  5. Kata orang, mengucapkan kata 'tidak' lebih berat daripada kata 'ya'. Karena kata 'tidak' yang berarti penolakan lebih mengundang konsekwensi ketimbang kata 'ya' yang berarti persetujuan.

  6. Lalu apa yang ingin ditiadakan? Yg ditiadakan adalah Ilah …! Apa arti ilah? Mengartikan ilah dengar arti 'tuhan' begitu saja, kurang menukik dan tajam. Terlalu umum, dan berakibat pada pemaknaan yg kurang sesuai dg tujuan yg dimaksud.

  7. Ilah adalah sesuatu yang disembah. Sesuatu dikatakan disembah jika dia mutlak dituruti dan dicintai. Dia dijadikan no. satu dalam hal ketaatan dan kecintaan. Yg lain mengikutinya.

  8. Dalam Al-Quran, Allah menyebutkan orang-orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai ilah. Lihat surat Al-Furqan: 43. Bagaimana hawa nafsu disembah? apabila hawa nafsu yang paling dia cintai dan taati dalam kehidupannya. Ibadah bukan cuma sebatas sujud dan rukuk di hadapnnya.

  9. Maka, Laa ilaaha… artinya adalah pernyataan meniadakan keyakinan adanya segala bentuk Tuhan yang disembah selain Allah… apapun dan siapapun.

  10. Dengan demikian, sejak awal pernyataan tauhid kita, sudah menolak segala keyakinan dan penghambaan kepada selain Allah Ta'ala. Ini dapat dikatakan sebagai prasyarat mutlak untuk menyatakan keimanan kepada Allah Ta'ala.

  11. Tidak akan pernah ada gunanya pengakuan keimanan, selagi masih ada pembenaran terhadap keyakinan kepada selain Allah.

  12. Setelah kalimat Laa ilaaha yang dikenal dengan istilah an-nafyu yang berarti peniadaan, berikutnya baru dinyatakan itsbat.. yg berarti penetapan, yaitu ungkapan illallah… kecuali Allah.

  13. Pengecualian yang terdapat setelah peniadaan, dlm bhs Arab dikenal salah satu bentuk hashr… artinya pembatasan yg tidak memberi ruang bagi yang lain.

  14. Jika dikatakan 'Muhammad masuk ke kelas', berbeda dengan ungkapan 'tidak ada yang masuk kelas kecuali Muhamad'. Yang pertama masih membuka peluang yang lain utk masuk. Sedangkan kalimat kedua, tidak membuka peluang sama sekali ada yg masuk selain Muhammd.

  15. Maka, ungkapan 'Tuhan yang kami sembah adalah Allah…' berbeda dengan ungkapan 'Tidak ada tuhan yang disembah selain Allah." Yg pertama masih memberi peluang adanya keyakinan kpd selain Allah… sedangkan yang kedua tdk memberi peluang sama sekali adanya keyakinan pd selain Allah.

  16. Kesimpulan dari pembahasan di atas, makna Laa ilaaha illallah yg singkat namun utuh adalah Laa ma'buuda bihaqqin illallah… Tidak ada yang disembah dengan hak, selain Allah…. atau dpt kita pahami dg makna… hanya Allah yang harus disembah, tidak boleh ada yang lain.

  17. Ada dua kata kunci dalam kalimat ini; Pertama adalah ikhlas. Tahukah anda makna ikhlas? Ikhlas berasal dari kata khalasha; Murni. Dalam bhs Arab dikatakan 'asal khaalish' artinya madu murni.

  18. Maka ikhlas adalah keyakinan yang murni hanya kepada Allah dalm bentuk penuhanan dan penghambaan. Tidak sedikitpun bercampur kepada keyakinan terhadap selain-Nya.

  19. Saya belum melihat adanya aqidah ketuhanan yg menuntut tingkat keikhlasan seperti aqidah Islam.

  20. Kedua adalah Ibadah. Karena tuntunan utama dari kalimat adalah adanya ibadah atau penghambaan. Bukan sekedar pengakuan.

  21. Inilah bedanya jika Laa ilaaha illallah hanya diartikan sebatas ungkapan 'Tiada tuhan elain Allah'.

  22. Tanpa memaknainya dengan benar, bisa jadi kalimat ini hanya dipahami sebagai tuntutan untuk sekedar percaya adanya Allah.

  23. Padahal sekali lagi, yg dituntut dari kalimat ini bukan sekedar mempercayai adanya Allah, tapi lebih dari itu, adalah terwujudnya 'ibadah dan penghambaan' kepada Allah semata, tentu saja setelah meyakini keberadaanNya.


- baca juga : Makna dan Hakikat 'Syahadat Rasul'



___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

Tudingan Korupsi, Cara Lawan Politik Jegal Gubernur Jabar Heryawan yang Banyak Prestasi


Korupsi di Jabar Bukan Terjadi di Pemprov

Bandung - Kepala Biro Humas, Protokol, dan Umum Pemprov Jabar Ruddy Gandakusumah memastikan pasangan Ahmad Heryawan-Dede Yusuf lebih banyak menorehkan prestasi.

Sementara isu korupsi yang dihembuskan tidak beralasan karena tidak pernah terbukti.

"Pemprov Jabar justru dapat predikat laporan keuangan dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI. Kalau ada kasus-kasus korupsi di wilayah Jabar dalam arti di kabupaten kota atau instansi vertikal atau BUMN itu di luar wewenang gubernur dan wakil gubernur," kata Ruddy kepada wartawan di Gedung Sate Jalan Diponegoro Kota Bandung (12/11).

Upaya pemberantasan dan pencegahan korupsi oleh pasangan Hade, kata Ruddy, tidak hanya berhenti di situ. Pada 29 Maret 2012, Gubernur Ahmad Heryawan melakukan penandatanganan Pakta Integritas bersama Bupati/Wali Kota sebagai wujud komitmen pencegahan dan pemberantasan korupsi, serta pada 4-5 Oktober 2012 melakukan pencanangan Jawa Barat sebagai wilayah bebas korupsi.

"Jadi soal penelitian ICW yang menyebut Jawa Barat sebagai provinsi terkorup kelima dengan 14 kasus, jumlah tersebut disumbang justru oleh kabupaten kota. Dan kepala daerah yang harus bertanggung jawab telah diproses secara hukum tanpa dihalang-halangi oleh Pemprov Jawa Barat," tandasnya. [ito]

*http://www.inilahkoran.com/read/detail/1925715/korupsi-di-jabar-bukan-terjadi-di-pemprov


Catatan:

Diantara Kepala Daerah yang terjerat kasus korupsi dan sudah ditahan KPK serta diadili adalah Walikota Bekasi  Mochtar Mohammad (PDIP) dan Bupati Subang Eep Hidayat (yang juga Ketua DPC PDIP Subang).

Republika menulis: Mahkamah Agung (MA) telah mengabulkan kasasi jaksa KPK atas kasus korupsi Mochtar Mohamad. Politikus PDIP itu divonis bersalah dan dijatuhi hukuman penjara selama enam tahun dan denda Rp 300 juta serta uang pengganti Rp 639 juta.
Pengadilan tingkat kasasi menyatakan Mochtar bersalah melakukan beberapa tindak pidana korupsi. Tindak pidananya, antara lain menyuap anggota DPRD Bekasi sebesar Rp 1,6 miliar.

Sementara untuk kasus Bupati Subang Eep Hidayat Majelis kasasi Mahkamah Agung (MA) memutuskan menghukum Eep Hidayat selama lima tahun penjara dan denda Rp200 juta serta subsider tiga bulan penjara karena korupsi senilai Rp 2,548 miliar.


Wali Kota Bekasi dan Bupati Subang Resmi Dipecat

[10 April 2012] - Wali Kota Bekasi Mochtar Mohammad dan Bupati Subang Eep Hidayat resmi dipecat dari jabatannya, setelah KPK resmi menetapkan tersangka kasus korupsi.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan telah mengusulkan pemecatan tersebut berdasarkan surat pemberhentian Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kepala Biro Humas Protokol dan Umum Ruddy Gandakusumah mengatakan, hari ini Mendagri telah mengeluarkan SK pemberhentian bagi kedua pejabat yang kini meringkuk di Lapas Sukamiskin Bandung tersebut.

Rencananya Pemprov Jabar akan mengambil SK tersebut ke Jakarta, Selasa 10 April, hari ini. Selain itu, pada 30 Maret lalu Pemprov Jabar menerima radiogram dari Mendagri No T.131.32/1960/otda.

"Isi radiogram tersebut meminta gubernur supaya segera mengusulkan pemberhentian kedua pejabat tersebut," kata Ruddy, di Bandung, Senin (9/4/2012).

Radiogram, sambungnya, ditindaklanjuti Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dengan mengirimkan surat No 131/1761/Pem Um pada 5 April 2012 yang isinya mengusulkan pemberhentian dua pejabat tersebut.

Menurutnya, dengan akan diambilnya SK dari Mendagri, maka dua pejabat itu resmi dipecat dari jabatannya.

"Setelah menerima SK Mendagri akan diserahkan ke Dirjen. Selanjutnya gubernur mengundang PLT bupati dan unsur pimpinan daerah serta KPU untuk menyerahkan SK pemberhentian,” paparnya.

Selanjutnya DPRD Subang akan mengadakan rapat Paripurna untuk penggantian bupati/walikota sesuai pasal 131 PP 6/2005. Kata Ruddy, dua pejabat itu akan diganti wakil bupati atau wakil wali kota.

*http://news.okezone.com/read/2012/04/10/339/608479/wali-kota-bekasi-dan-bupati-subang-resmi-dipecat



___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

Aher Kucurkan Rp 150 Miliar untuk Bangun Desa Peradaban

BANDUNG - Pemprov Jabar, tahun ini menganggarkan dana sebesar Rp 150 miliar untuk Program Desa Peradaban. Dana tersebut, akan diberikan pada 150 desa.

Program Desa Peradaban ini, diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Rp 1 miliar untuk desa tersebut.

“Alhamdulillah program ini akan dijadikan contoh bagi daerah lainnya oleh pemerintah pusat,” jelas Heryawan dalam sambutannya di Lapangan Desa Tugu Utara, Kamis (27/12).

Program Desa Peradaban ini dibagi ke dalam 4 wilayah: Bogor (Bogor, Cianjur, dan Sukabumi), Cirebon (Cirebon, Kuningan, Indramayu, dan Majalengka), Purwakarta (Subang, Purwakarta, Karawang, dan Bekasi), dan Priangan (Garut, Tasikmalaya, Sumedang, Ciamis, Bandung,  Bandung Barat, dan Banjar).

*http://vvipnews.com


___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

"Ada ga ya, Aleg partai lain yang begini?"

by Ratih Kartiningsih

Yang kami tau, Ustadz S, anggota DPRD Kota Tangerang dari PKS beliau ‘punya’ dua mobil. Satu mobil pribadi dan satu mobil dinas. Beliau lebih sering menggunakan mobil pribadi untuk mobilisasi. Sedangkan mobil dinas beliau dedikasikan untuk dipinjam masyarakat, karena menurut beliau "itu mobil rakyat, biar dipake rakyat juga".

Beberapa hari yang lalu, Abu Fatih telpon sang Ustadz, minta izin pinjam mobil untuk menjemput putri kami di pesantren hari Rabu tanggal 8. Ustadz S mempersilahkan.

Maka, Rabu pagi, meluncurlah Abu Fatih ke rumah sang Ustadz untuk mengambil mobil. Sesampainya di rumah beliau, ternyata ga ada mobil. Mobil pribadi maupun mobil dinasnya ga ada. Kata Umi nya, "Ustadz ke kantor bawa mobil dinas. Pa Fadil ambil aja mobil dinas di kantor. Motor Pa Fadil taruh di sini, Pa Fadil ke kantor pake motor saya. Biar nanti Ustadz pulangnya pake motor".

Masalahnya....... kami tau bahwa putri beliau pun harus dijemput di pesantren, karena putri beliau satu kelas di pesantren dengan putri kami. Maka terlontar pertanyaan dari Abu fatih kepada Istri sang Ustadz "Lha, terus Hana (putri beliau) bagaimana?". Dengan santai istri sang Ustadz menjawab, "Hana nanti saya yang jemput pake motor."

Subhanalloh. Jadi, yang punya mobil njemput putrinya pake motor, karena mobilnya dipinjam oleh orang yang mau njemput putrinya juga, di pesantren yang sama???

“Itu kan mobil rakyat” benar-benar sudah melekat pada aleg dan keluarga aleg ini.

ALLOHU AKBAR!!


*sumber: http://www.facebook.com/photo.php?fbid=290435904397186&set=a.137355103038601.29452.100002923374352&type=1&theater


___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

Inilah Jawara-jawara PKS Media Award | Lomba Antar DPD PKS se-Jateng

Semarang -- Sebagai bentuk follow up dari visi "Kabeh Dadi Humas", Bidang Humas DPW PKS Jawa Tengah telah berhasil menyelenggarakan Program media Award yang diikuti oleh 35 DPD PKS se-Jawa Tengah. Setelah selama kurang lebih dua bulan masing – masing DPD PKS menyiapkan dan membenahi semua media internalnya, akhirnya pada hari ini, Jum’at (28/12) dapat diketahui siapa saja pemenangnya.

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota semarang mendominasi perolehan Media Award yang diselenggarakan oleh Bidang Humas Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Jawa Tengah. PKS Kota Semarang menyabet 1 juara dan 1 runner up dari tiga kategori media award. Dalam media award periode 2012 kali ini, PKS Kota Semarang berhak atas gelar master of social media setelah meraih gelar juara 1 dalam kategori social media dengan skor total 345, jauh mengungguli pesaing terdekatnya, PKS Kabupaten Tegal yang hanya mengumpulkan skor 305. Sementara itu peringkat ketiga kategori social media ditempati oleh  Kabupaten Magelang dengan skor 295.

Sementara itu, PKS Kota Tegal masih menjadi yang terbaik untuk kategori website dalam media award kali ini. PKS Kota Tegal berhasil menyisihkan pesaing – pesaing utamanya, seperti PKS Kota Semarang, PKS Surakarta, dan PKS Kabupaten tegal. Tercatat, PKS Kota Tegal berhasil unggul tipis dari pesaing terdekatnya, PKS Kota Semarang dengan skor 445, sementara PKS Kota Semarang berhasil mengumpulkan poin 441.

Dari kategori Kliping media, ada sedikit kejutan dengan masuknya Kabupaten Pemalang ke tiga besar. Meski tidak menjadi juara 1, kemunculan Kabupaten Pemalang sebagai juara II ini menjadi kejutan besar mengingat DPD Kota Semarang dan Kota Tegal yang notabene berada di wilayah strategis berhasil disngkirkan oleh PKS Pemalang. Dari kategori Kliping media ini, PKS Solo menunjukkan eksistensinya sebagai daerah paling sering mengirim rilis berita ke media, terbukti PKS Solo berhasil menjadi juara 1 Media Award kategori Kliping Media. PKS Solo memperoleh skor 285, sementara PKS Pemalang memperoleh skor 260, sedangkan peringkat ketiga diduduki oleh PKS Kabupaten Tegal dengan skor 255.

Dalam program media award edisi pertama ini, Bidang Humas DPW membagi menjadi tiga kategori penilaian, masing- masing adalah kategori website, social media, dan kliping media. Masing – masing kategori penilaian tersebut memiliki bobot penilaian masing – masing sebagai pertimbangan dewan juri untuk memutuskan berapa jumlah skor per kategori. Untuk tim juri media award ini berasal dari kalangan media dan pemerhati social media.

Menurut Ketua Tim Juri Media Award, Raka Manggala Syafii, S. Psi, media award kali ini dibuat dengan beberapa item penilaian didalamnya.

“Untuk kategori website misalnya, dewan juri membagi menjadi lima item penilain, yaitu kekuatan konten artikel, layout website, peringkat alexa, Google Search Engine, dan intensitas pembuatan artikel. Masing – masing item memiliki rentang nilai 50 – 100,” terang Raka, yang juga produser video clip Kabeh dadi Humas ini.

“Sedangkan untuk kategori kliping media, dewan juri mengambil item penilaian dilihat dari konten kliping, kerapian kliping, dan intensitas dimuatnya kliping media di media massa. Untuk hasilnya bisa diketahui bahwa PKS Solo berhasil mengumpulkan poin terbanyak dalam kategori ini, “lanjut Raka.

Dominasi dua kota besar, Solo dan Semarang ini juga Nampak dalam kategori social media, dewan juri melihat bahwa PKS Kota Semarang menjadi master of sosmed setelah mengumpulkan poin terbanyak di kategori ini, dilihat dari keaktifan penggunaan sosmed, baik Twitter maupun facebook, dan jumlah followers.

*Sumber: PKS Jateng Online


___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

Beri Peluang Kader Baru | Pencalegan PKS

Menindak lanjuti instruksi Pusat, DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kota Surabaya, telah melakukan penjaringan bakal calon legeslatif (Caleg), mulai dari tingkat kecamatan hingga di tingkat kota. Penjaringan bakal Caleg PKS ini, telah di lakukan sejak bulan Oktober 2012 lalu, dan sekarang telah memasuki tahap verifikasi.

Sekertaris umum DPD PKS Kota Surabaya, Achmad Zakaria, menjelaskan, setelah PKS dinyatakan lolos verifikasi faktual untuk wilayah Surabaya, maka kini agenda partai selanjutnya yaitu mem-verifikasi bakal Caleg yang telah mengikuti penjaringan sejak 2 bulan terakhir ini.

“Penjaringan bakal Caleg ini kita lakukan hingga di tingkat kecamatan mulai awal Oktober hingga Akhir November. Sekarang penjaringan dilanjutkan di tingkat provinsi.Dari provinsi nanti, nama bakal Caleg tersebut akan di serahkan ke pusat,”kata Achmad Zakaria, Kamis (20/12/2012).

Penjaringan bakal Caleg ini, bukan saja diikuti oleh kader di internal partai, namun juga dari masyarakat lainnya. Menurut Achmad Zakaria, pelaksanaan penjaringannya, dibedakan antara kader dengan masyarakat umum, dan nama para bakal Caleg yang sudah ikut penjaringan di wilayah kecamatan hingga tingkat kota, tidak akan berubah saat verifikasi di tingkat provinsi.

“DPW PKS Jawa Timur, tidak akan merubah total daftar nama para bakal Caleg. Ya paling mereka hanya memverifikasi data data,kompentensi, keterwakilan perempuan 30 persen. Ketokohan dan domisili. Mungkin selesai Minggu depan,” jelas-Nya.

Lebih lanjut, Achmad Zakaria menambahkan, selama proses penjaringan berlangsung, para bakal Caleg PKS ini, tidak dibebani biaya adminsitrasi apapun, termasuk biaya formulir pendaftaran. “tidak ada, tidak ada biaya apapun yang dibebankan, termasuk biaya pendaftaran,” Tambahnya.

Menurut Achmad Zakaria, mengacu pada undang undang, semua masyarakat memang dapat mengajukan diri menjadi calon legeslatif dari partai mana-pun, termasuk PKS. Asal bersedia menjadi anggota partai politik, mempunyai kesamaan visi dan sanggup menang diwilayahnya masing-masing.

“PKS membuka kesempatan siapapun untuk maju dalam Pemilu mendatang, tanpa beban biaya administrasi. Asalkan mempunyai visi-misi sama dan sanggup memenangkan PKS di daerahnya masing-masing,” terangNya.

Para bakal Caleg PKS yang nanti lolos verifikasi dan akan mengikuti Pemilu Legelslatif 2014 mendatang, mempunyai peluang sama dengan kader PKS yang kini sudah duduk di lembaga legeslatif periode sekarang. Menurut Achmad Zakaria, para anggota dewan dari PKS yang kini masih menjabat, nantinya belum tentu mendapat rekomendasi dari partai untuk bisa mencalonkan kembali.

“Belum tentu, karena semua akan diberlakukan sama. Para kader PKS yang sekarang jadi legeslatif juga akan di verifikasi faktual, bersama bakal Caleg lainnya. Kalo mereka tidak lolos, ya akan dicoret. Termasuk para pengurus yang menjadi bakal caleg,” tegasNya.

Proses Verifikasi nanti, akan melalui beberapa tahapan, yaitu pemilihan rakyat(Pemira) ditingkat kecamatan dan kota yang diikuti oleh kader yang memiliki hak pilih dan para pengurus di 31 kecamatan. Kemudian musyawarah tingkat kota dan musyawarah tingkat wilayah. Menurut Zakaria, jika para bakal Caleg ingin lolos verivikasi, mereka harus mendapatkan dukungan terbanyak dalam ke tiga moment tersebut.*

*http://d-onenews.com/blog/pks-beri-peluang-kader-baru/



___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

Seni & Budaya Jadi Tema Refleksi Akhir Tahun PKS

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan menggelar refleksi akhir tahun 2012 pada Sabtu (29/12/2012) di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat. Dalam acara ini, PKS mengambil tema seni dan budaya.

"Selain mengumpulkan sejumlah tokoh nasional, refleksi akhir tahun ini juga menjadi bentuk apresiasi PKS terhadap seni dan budaya. Sejumlah seni dan budaya tanah air digelar dalam acara ini," jelas Ketua DPP PKS Bidang Seni dan Budaya, Yudi Widiana Adia dalam rilis yang diterima Sindonews, Kamis (27/12/2012).

Menurutnya, seni dan budaya menjadi tema kali ini karena PKS ingin memberikan apresiasi terhadap dua bidang tersebut yang karena dinilai penting. Peradaban manusia tak lepas dari keduanya.

"Acara ini akan menjadi wujud apresiasi PKS terhadap seni dan budaya. Ini sesuai dengan cita-cita PKS yang ingin membangun peradaban. Walau bagaimanapun, peradaban tidak bisa lepas dari seni budaya," tambah Yudi.

Selain itu, PKS juga mengadakan berbagai lomba, seperti lomba band religi dengan total hadial Rp25 juta dapat diikuti oleh masyarakat umum, lomba melukis dengan cat air untuk pelajar SMP dan SMA, dengan total hadiah Rp10 juta.

Tak hanya itu, partai berbasis Islam itu juga mengadakan lomba cipta lagu PKS dengan ketentuan lagu pop dan nuansa daerah.

"Ada juga lomba cipta lagu PKS dengan kualifikasi lagu pop dan nuansa kedaerahan. Lomba cipta lagu PKS ini terbuka untuk umum, dan disediakan hadiah Rp5 juta untuk pemenang masing-masing kategori," terangnya.

Selain lomba-lomba, akan digelar juga konser Nasyid dan musik religi yang akan diramaikan oleh grup Nasyid nasional seperti Shotul Harokah, Izzatul Islam, Fatih, Punk Muslim dan lainnya. Bagi para muslimah, juga akan digelar Fashion Show Busana Muslimah.

Puncak acara Refleksi Akhir Tahun 2013 akan ada renungan akhir tahun bersama sejumlah petinggi PKS seperti Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq, Sekjen PKS Anis Matta, Ketua Fraksi PKS DPR RI Hidayat Nur Wahid, seniman, budayawan sekaligus aktor senior Deddy Mizwar, dan sejumlah tokoh lainnya. [sindonews]


___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

"Tiga Persiapan Penting Mencapai Cita-cita Dakwah" | Taujih Ust Cholid Mahmud






Ir. H. Cholid Mahmud
Ketua Umum Jama'ah Shalahuddin UGM (1989-1990)
Anggota DPD RI dari DI Yogyakarta (2009-2014)



Taujih ustadz Cholid Mahmud ini kami kutip dari kultwit Ridwan Oktovan @tovan_hnd

  1. Saya share taujih ust Cholid Mahmud kpd ADK bbrpa waktu yg lalu. Smg manfaat Hastag kultwitny #TaujihUCM.

  2. Qta sbg kader dakwah punya narasi dan cita2 besar terkait ke-ummat-an. Bagian dari perintah Allah swt.

  3. Dalam rangka mencapai narasi besar maka dibutuhkan i'dad atau persiapan.

  4. I'dad pertama adalah Kredibilitas Personal, ini terangkum dlm 10 muwashofat. Tweeps fillah masih ingatkan 10 muwashofat?

  5. ADK seharusny memanfaatkn sebaik2nya waktu di kampus utk memenuhi 10 muwashofat ini, shg jadilah ia kader dakwah yg punya krediblitas personal. 

  6. I'dad kedua adlh Kapasitas Berorganisasi, hal ini dimatangkan ketika kuliah (di kampus). Belajarlah berorganisasi yg baik.

  7. Kapasitas berorganisasi dlm dakwah qta prinsip & ruhny ada dlm arkanul baiat Imam Hasan Al-Banna. Dari al-fahmu sampai tsiqoh.

  8. Belajarlah memimpin, belajarlah melayani publik, belajarlah mengorganisir, belajarlah mengelola urusan2 org lain selama mjd Aktivis di Kampus.

  9. Persiapan ketiga adalah Kredibilitas Profesional, point ke 3 ini merupakan tantangan pasca kampus.

  10. Kompetensi ilmu perkuliahan yg didapatkan saat kuliah kan mnjadi penunjang kredibiltas profesional.

  11. Munculny kredibilits profesi adalah sebuah jawaban dari problem ummat. Jika sudah kredibel, maka amanah2 ummat itu kan dipercayakan kpd kader dakwh.

  12. Nah, 3 point ini belumlah dimiliki para pengurus negara qta tercinta. Contohnya bbrpa menteri blum lah sesuai dg kompetensi ilmunya.

  13. Blum lagi jika qta liat kredibilitas personal sebagian org2 publik yg masih jauh dari baik.

  14. Lalu, dimana qta bisa ambil contoh? Seksamai bgmn pemimpin negara mesir saat ini. Mohammad Mursi.

  15. Pada awalnya parpol pengusungnya bukanlah mengusulkan Mursi sbg capres, namun krn calon awalnya ada "masalah" dgn status hukumnya..

  16. ..maka saat injury time dimintalah Mursi menjadi capres, nah, bliau gak ada masalah krn 3 i'dad tadi sudah dilakukannya dgn baik.

  17. Mursi adalah kader dakwah yg mulai dari masa mudanya menempa diri dgn 3 persiapan tadi. Wajib qta contoh.

  18. Persiapan ini tidak hanya terkait dgn jabatan publik, tapi lebih pada PERAN PUBLIK yg dilakukan kader dakwah. Jabatan publik hanya bagian kecil dari peran publik yg ada.

  19. Kader dakwah adalah arus utama menyelesaikan problem ummat. Jadilah yg terbaik dlm peran2 publik/ keummatn.

  20. Demikian tuips yg bisa sy share, smg manfaat dan bersiap siagalah.



___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

Mesir, Demokrasi Minus Kematangan | Dr Ibnu Burdah

Dr Ibnu Burdah MA*
Pemerhati masalah Timur Tengah dan dunia Islam
Dosen Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta  

SEPERTI diduga, suara na'am (ya) yang berarti setuju terhadap rancangan konstitusi baru memperoleh  kemenangan signifikan dalam referendum putaran kedua di Mesir. Kendati masih penghitungan sementara (ketika tulisan ini dibuat, sekarang sudah hasil resmi KPU -ed), hasil akhir  itu hampir bisa dipastikan dimenangi oleh suara "ya", bahkan di beberapa wilayah kemenangan itu mencapai angka di atas 80%.

Para analis mengaitkan kemenangan itu sebagai kehendak kuat rakyat Mesir untuk segera mewujudkan Mesir baru yang stabil. Kampanye Ikhwan selama ini memang mengusung tema stabilitas untuk memperoleh dukungan terhadap rancangan konstitusi itu. Penjelasan itu beralasan mengingat setelah kejatuhan Hosni Mubarak, Mesir terus dirundung instabilitas pada tingkat yang mengkhawatirkan, baik keamanan, politik, ekonomi, maupun sosial.

Hasil referendum itu mengisyaratkan pesan rakyat Mesir yang begitu jelas, bahwa keadaan tidak stabil itu harus segera diakhiri. Namun apakah kemenangan itu akan menjamin bagi keterbebasan Mesir dari karut-marut keamanan dan kegaduhan politik secara berlebihan sebagaimana berlangsung dua tahun terakhir ini?

Mesir dikenal sebagai gudang sekaligus pabrik sumber daya manusia berkualitas di Timur Tengah. Hasil-hasil pemikiran para intelektual, racikan ideologi para pemimpin gerakan, karya para sastrawan serta hasil kebudayaan negara ini tersebar dan berpengaruh luas ke berbagai negara Arab. Implikasi sederhana bagi kenyataan ini misalnya, dialek Arab Mesir dipahami hampir oleh seluruh lapisan penduduk Arab hingga wilayah barat, seperti Maroko.

Hal ini disebabkan penetrasi film-film Mesir dan karya sastra mereka ke berbagai negara Arab dalam tingkat sangat tinggi. Hal  itu tidak terjadi pada kebanyakan dialek-dialek Arab yang lain, bahkan negara-negara yang memiliki kemampuan finansial sangat besar dan memiliki perusahaan multinasional di bidang yang strategis. Itu semua adalah keunggulan Mesir yang terus terpelihara dalam waktu yang sangat lama.

Semua modal itu sebenarnya membuat Mesir memiliki potensi untuk mewujudkan semua cita-cita revolusi, sekaligus menciptakan terobosan penting dalam sistem pemerintahan dan kenegaraan yang menjadi model di dunia Arab. Namun, semua keunggulan itu ternyata tidak serta merta mendorong kelahiran kematangan sikap tiap elemen di Mesir dalam upaya membangun demokrasi yang kuat dan stabil.

Pentas politik di Mesir selama dua tahun terakhir ini justru terus memperlihatkan tontonan sebaliknya; egoisme kelompok yang begitu telanjang, sikap mau menang sendiri tanpa tanggung jawab memadai, dan tidak legawa menerima kekalahan demi kepentingan yang lebih luas. Sikap politikus dan sejumlah pemimpin gerakan di jalanan Mesir kadang tidak lebih dewasa ketimbang murid taman kanan-kanak.

Lebih buruk lagi, kondisi memprihatinkan ini terus dieksploitasi oleh anasir-anasir rezim lama yang merasa terancam jika terwujud Mesir baru yang demokratis, stabil, dan menegakkan keadilan hukum. Celakanya, orang-orang ini memiliki resources yang amat besar sebagai hasil jarahan mereka terhadap harta negara selama beberapa dekade. Mereka yang semula bertiarap itu kini tampil kembali di atas panggung politik Mesir, baik dengan baju elemen masyarakat sipil, para penguasa media, maupun pemain-pemain di balik layar partai politik.

Menjadi Ancaman

Mereka akan melakukan apa pun sebab itu menyangkut survival dan eksistensi. Mereka tidak akan menghentikan genderang perang pascareferendum konstitusi ini. Musuh mereka adalah siapa saja yang ingin membangun Mesir yang kuat dan demokratis serta berani menegakkan hukum terhadap anasir-anasir kekuatan lama.

Apalagi, proses pembuatan rancangan konstitusi baru itu sejak awal dipermasalahkan terutama mengenai keterwakilan elemen-elemen masyarakat Mesir dalam badan perumus draf konstitusi itu. Ikhwan dituduh mendominasi badan itu dengan menerapkan representasi hasil parlemen yang telah dianulir.

Kini Mesir memerlukan sikap kenegarawanan pemimpin kelompok dan gerakan, pemimpin yang mengutamakan kepentingan negara dan rakyat di atas egoisme kelompok dan ambisi kekuasaan. Sistem apa pun yang akan digunakan saat ini tanpa ada semangat kebersamaan tak akan memecahkan masalah.

Adalah naif menurut hemat saya bila kelompok oposisi yang tergabung dalam Front Penyelamat Nasional menyuarakan tuntutan referendum ulang. Tuntutan aneh lain yang mulai terdengar pascareferendum ini adalah pemilu ulang presiden setelah hasil pemilihan parlemen yang relatif demokratis juga dibatalkan.

Saya bukanlah pendukung atau simpatisan gerakan semacam Ikhwan al-Muslimin, namun menurut hemat saya permainan kelompok-kelompok lama plus egoisme dan euforia kebebasan di Mesir yang hampir tanpa kontrol etis sudah sulit dinalar dan berisiko  mengancam masa depan negeri itu.[]



*http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/12/28/210046/10/Mesir-Demokrasi-Minus-Kematangan



___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

Wawancara Eksklusif TIME: "Morsi The Most Important Man in The Middle East"

Kamis, 27 Desember 2012


Wawancara majalah TIME dengan Presiden Mohamed Morsi, 28 November 2012. Majalah TIME edisi Desember 2012 menjadikan Morsi sebagai sampul dengan judul "The Most Important Man in The Middle East". Wawancara ini diterjemahkan oleh ukhti Lia Aqeela, Jakarta. Selamat menyimak. [admin]

 [Catatan: sebelumnya TIME menuliskan nama panggilan sang presiden dengan “Morsy” berdasarkan desertasi doktoralnya di Universitas California Selatan; Para penasehatnya di Kairo menyampaikan penulisan yang digunakan saat ini adalah Morsi. Pihak protokoler meminta Presiden Morsi untuk menjawab pertanyaan dari editor dan reporter TIME dalam bahasa Arab, bahasa asli beliau, bahasa resmi Mesir. Alih-alih, sebagai penghormatan terhadap tamunya, ia lebih banyak menggunakan bahasa Inggris, yang telah rutin digunakannya sejak tiga dekade silam]

TIME: Anda sekarang berada di panggung dunia. (You’re on the world stage now.)

Presiden Mohamed Morsi: (berbahasa Inggris) Panggung dunia itu sangat sulit. Tidak mudah ketika berada di panggung dunia. Dunia sekarang ini jauh lebih sulit dibandingkan dengan saat revolusi dulu di negara anda (AS). Bahkan kian bertambah sulit. Dunia ini, semakin rumit, kompleks dan sulit. Strukturnya seperti spageti. Segalanya tercampur jadi satu. Jadi bagaimanapun juga kita harus menyikapi segala sesuatunya dengan tenang, sehingga kita semua – seluruh dunia, bisa berjalan bersama-sama dengan damai – dan mudah-mudahan damai dalam segala hal. Saya pikir anda tahu bahwa banyak orang suka mengatakan bahwa kita harus menjaga  kedamaian. Saya tidak sedang membicarakan kedamaian menurut makna tradisionalnya. (yang saya maksud) adalah damai pikiran, damai hati, damai dalam hidup bersama, dalam bermasyarakat, damai secara kultural, tidak sekedar damai dalam hal kemiliteran.

(beralih ke Bahasa Arab) terima kasih atas perhatian anda... (yang telah mengadakan sesi wawancara ini). Ini sebuah jembatan yang baik antara Mesir dan Amerika Serikat.

(dalam Bahasa Inggris) Yang saya maksud dengan Amerika Serikat, lebih merujuk pada orang-orang Amerika, bukan sekedar para pejabat otoritas, politisi dan semacamnya. Yang saya tahu, orang Amerika cukup ramah, beradab, mereka telah berjuang dan memberikan apa yang negara mereka miliki kepada dunia. Tentu apa yang kami lihat dari kejauhan sini tidak sama persis (dari realitanya), namun menurut saya, media saat ini telah membuat segala sesuatunya menjadi sangat dekat [yaitu, telah membuat dunia menjadi 'tempat yang lebih kecil'] dan warga dunia bagaikan sebuah komunitas perkampungan kecil, yang berkumpul bersama.

Angin sedang berhembus kesana kemari dan masyarakat disibukkan dengan gaya hidup mereka, tapi menurut saya, mereka sedang berharap untuk dapat melihat situasi dunia yang lebih baik pada masa kepemimpinan kedua Presiden Obama, situasi yang lebih rileks (tidak dalam 'ketegangan perang'). Saya pribadi ingin memanfaatkan situasi ini, untuk membangun sebuah jembatan yang kuat antara kami, antar negara timur tengah, masyarakat daerah timur tengah, masyarakat timur serta barat dan keseimbangan-keseimbangan seperti itu. Sehingga, masyarakat benar-benar merasakan bahwa mereka hidup dalam kedamaian, bahwa mereka tinggal dan berkedudukan kuat di negara mereka. Bahwa mereka benar-benar sedang melakukan yang terbaik untuk dapat meraih harapan, untuk hidup dalam situasi yang damai, merasakan demokrasi, kebebasan.

Rakyat disini (Mesir) tidak pernah mengalami hal-hal seperti itu selama lebih dari 30 tahun – lebih. Berpuluh tahun hidup dibawah rezim yang sangat supresif, sangat diktator .... dan pemerintahan saat itu tidak mau tahu penderitaan rakyatnya. Orang-orang merasa tidak dilibatkan dalam kesetaraan politik. Anda tahu, saya sendiri merasa menderita. Saya telah melihat negara-negara barat dan timur, pergi kesana-kemari, mempelajari sejarah dan melihat situasi yang sedang berlangsung, tentu saja selain (mempelajari) permesinan. [catatan: Morsi mendapatkan gelar doktor teknik mesin dari Universitas California Selatan pada tahun 1982] Saya banyak belajar saat saya tinggal atau singgah di berbagai tempat, terutama saat di Amerika Serikat, hidup bersama warga Amerika Serikat, beserta universitasnya, industrinya, pasar dan toko-tokonya.

Tentu saja saat itu media tidak sekuat seperti sekarang ini, tetapi setiap hari saya bangun pagi untuk menonton Good Morning America, Barbara Walters dan program-programnya yang hebat. Dan tentu saja, Walter Cronkite... dan saya belum lupa... para sandera di Iran [pada masa kepemimpinan Presiden Carter] .... [dan pada hari dimana ia meninggalkan kantornya] mereka melepaskan para sandera yang telah ditawan selama lebih dari setahun. Itu adalah perjuangan besar dan saat itu perdebatan terus berlangsung.

Segala sesuatunya berjalan dengan sedemikian rupa, antara dunia barat dan timur, serta selatan. Masyarakat di selatan juga merasakan banyak penderitaan dikarenakan mereka tidak memiliki kesetaraan dalam pergaulan internasional. Saat ini kami ingin membawa masyarakat kedalam pergaulan internasional, sehingga mereka merasa hidup di negara mereka, mereka bebas, mereka berbicara, mereka bergerak, mereka membuat sesuatu, mereka bekerja, mereka mendapatkan hasil, mereka gagal, apapun itu. Hal ini sangatlah penting. Ini adalah periode baru. Tidak hanya untuk Mesir atau masyarakat Arab, namun bagi saya, untuk dunia keseluruhan. Menelaah kembali kesalahan yang telah dilakukan di masa lalu, dan memperbaikinya, sebanyak yang kita mampu. Hal ini butuh waktu. Jadi, kecepatannya rendah, akselerasi tinggi. Bagaimanapun juga kami mendorong ke segala arah, berusaha mengatakan kepada warga dunia, dan meyakinkan seluruh pemerintahanan dan para pemimpinnya bahwa kita harus hidup dalam kedamaian.

Konflik tidak membawa kita pada stabilitas dunia. Bekerjasamalah. Bagaimana caranya kita untuk  bisa mewujudkan stabilitas dunia? Ini adalah perjuangan. Perjuangan yang sangat-sangat sulit. Memiliki budaya baru, budaya internasional, menghormati sebuah negara dan kultur masyarakatnya, budaya-budaya lokal mereka, namun dapatkah kita memiliki sebuah budaya internasional? Bisakah kita melakukannya? Sebuah budaya kerja sama, budaya menghentikan perang, pertumpahan darah. Budaya perdamaian adalah sarana perniagaan dunia, aksi-aksi para pejuang dimaksudkan untuk mempertahankan diri, bukan untuk menyerang, (para pejuang) menggunakan kekuatannya untuk kepentingan sipil diatas kepentingan mereka. Bagaimana kita melakukannya? Mewujudkan stabilitas dunia? Saya pikir kita semua bisa. Hal ini telah dilakukan sebelumnya, dua atau tiga abad silam. Tapi telah terjadi sesuatu dengan caranya. Dua kali perang dunia, lebih dari 50 juta orang tewas....

Saya tidak suka orang-orang di negara saya mengatakan, “AS adalah lawan kami,” karena saya tahu rakyat Amerika berbeda dari apa yang telah lama melekat pada pemerintahan mereka – standar ganda – dan anda pun tahu apa yang sedang terjadi di dunia ini. Namun saya pikir, saat ini saya sedang memulai sebuah era baru, yang didasarkan pada keseimbangan, hubungan yang saling menguntungkan dan saling menghormati oleh semua pihak. Afrika. Dunia Arab. Dunia Islam. Negara-negara Eropa, Rusia, Cina. Ini adalah sebuah kompetisi yang sangat sangat besar, kuat dan sulit.

Itulah mengapa saya nyatakan 'situasi saat ini tidak semudah seperti yang sebelumnya'. Saya masih ingat, ada sebuah ungkapan di AS, orang-orang mengatakan bahwa kami adalah bangsa dari seluruh bangsa (we are a nation of all nations). Ini adalah sebuah pernyataan ekspresif. Pernyataan ini mengungkapkan sesuatu secara singkat dan padat, bahwa 'kita dapat hidup bersama'. Saya pikir, AS telah berhasil mewujudkan sebagian besar dari ungkapan tersebut. Namun dipandang dari sisi internasional, ada sesuatu yang berbeda. Evaluasi yang dilakukan menunjukkan hal-hal yang berbeda.

Lalu bagaimana kita bisa melakukannya? Saat ini, di dunia, terdapat ketidakseimbangan ekonomi. Di salah satu pihak, ada bahan-bahan mentah (sumber daya alam, di negara-negara miskin -ed), di pihak lain terdapat teknologi dan produk penerapan-penerapan ilmiah tingkat tinggi. Mengambil bahan-bahan mentah, memproduksinya, menjualnya kembali, dengan perbedaan harga yang sangat besar, hingga yang miskin semakin miskin, yang kaya semakin kaya. Kami ingin membuat sebuah keseimbangan ekonomi, tidak hanya keseimbangan politik. Tentu saja keduanya berhubungan (ekonomi-politik). Namun demikian, menurut saya, dipandang dari segi sosial kemasyarakan, kita tidak mungkin sama persis, tak akan pernah bisa. Pun secara kultural, kita tidak bisa sama.

TIME saat wawancara Morsi di Istana negara

TIME: Bagaimana rasanya membuat kesepakatan bersama presiden Obama selama gencatan senjata di Gaza?

Presiden Obama sangat membantu, sangat membantu. Dan saya percaya apa yang ia lakukan sejalan dengan niatannya (mencipta kedamaian). Kami melakukan perundingan bersama soal gencatan senjata, ini sangat penting, setelah itu baru kami dapat membicarakan perbedaan (keinginan) antara orang-orang Palestina dan Israel. Hal ini tidak gampang. Sangat sulit. Kedua pihak sama-sama berbicara tentang perbedaan. Sementara kami menginginkan mereka berbicara mengenai persamaan.... saat ini kami sedang menjalankan tugas tersebut sebaik mungkin.

Jika kami bisa sukses 60 – 70%, saya anggap itu sebuah keberhasilan besar. Kedepannya, wilayah ini (Palestina-Israel) akan menjadi lebih baik, asalkan kedamaian menjadi perhatian bersama. Stabilitas wilayah Palestina-Israel ini, (beserta) Mesir dan sekitarnya, sangat penting. Karena itulah kami yang di Mesir memiliki tantangan besar. Kekuatan lama negara ini (sisa-sisa rezim -red) berusaha kembali. Tidak diragukan lagi. Anda juga bisa melihatnya di Tunisia. Anda bisa melihat hal yang sama di Libya. Dan anda bisa benar-benar menyaksikannya di Suriah, tujuannya adalah mengembalikan situasi kembali seperti dulu. Kami bertarung melawan tujuan (sisa-sisa rezim) tersebut, bukan individunya. Wilayah-wilayah ini seharusnya memiliki kesempatan untuk berkembang. Biaya untuk perkembangan ini jauh, jauh lebih murah dibandingkan biaya perang. Semua orang berusaha kuat untuk mendapatkan situasi yang lebih baik, kehidupan yang lebih baik untuk anak-cucu mereka, untuk wilayah mereka.

Hal ini membutuhkan waktu panjang. Ini adalah sebuah kondisi bottle-neck* yang menyita banyak waktu (situasi tersumbat oleh sistem warisan lama yg belum diperbaiki -ed). Di Amerika Serikat sendiri, situasi bottle-neck seperti ini telah menyita waktu dan menumpahkan darah, dalam jangka waktu lama, tidak sebentar. Dan Abraham Lincoln dipandang sebagai sosok bersejarah yang menunjukkan kepada orang-orang bagaimana bisa bersatu setelah perang dan mewujudkan situasi negara yang lebih baik. Ia telah diberi kesempatan, dan menurut saya ia menuai keberhasilan pada sebagian besar usahanya. Penderitaan kemudian melahirkan stabilitas. Atau, memaksakan terciptanya stabilitas saat menyadari bahwa penderitaan hanya berlangsung pada saat proses kelahiran, setelah itu rakyat akan menyadari bahwa mereka harus tetap berpegang pada apa yang telah dicapai.

Maka ketika (warga) dunia memandang dirinya dan menyaksikan apa yang sedang terjadi, menurut saya saat ini mereka menyadari, orang2 di dunia ini menyadari, bahwa kebebasan itu lebih baik dibandingkan dengan kediktatoran. Demokrasi itu lebih baik untuk kehidupan dunia. Jika terdapat kediktatoran di sebuah titik di dunia ini, dimana orang2 tidak memperoleh kebebasan, mereka tidak mendapatkan kepuasan, tidak menemukan makanan atau tempat berteduh, mereka berada di bawah garis kemiskinan, maka titik ini berbahaya bagi dunia keseluruhan, karena orang2 itu akan berpindah, dan mereka berpindah ke tempat yang berbeda2. Mereka akan membawa perasaan buruk terhadap orang lain. Mereka bisa saja bersikap jelek. Mereka  bisa saja bersikap salah. Lalu bagaimana kita menjamin pembangunan untuk Afrika, untuk Timur Tengah, untuk negara2 di wilayah ini? Rakyat Mesir siap. Kami memiliki sumber daya. Kami memiliki potensi. Kami memiliki populasi yang boleh dikatakan unik dan beragam. Kami siap. Kami telah berada di jalan. Kami sedang mencoba mendorong kemudian beranjak. Hal ini tidak mudah. Butuh momentum yang sangat tinggi untuk bisa mendorong terjadinya semua ini.

Kapal kami, entah bagaimana, tergeletak di atas pasir, bukan di air, maka kamu harus menariknya maju, bukan mundur, ke air yang jernih. Tidak mudah. Untuk menjalin hubungan yang baik dengan dunia, membantu pembangunan, menciptakan integrasi antara pembangunan dan hubungan internasional dan investasi dan ekonomi, dan sekaligus juga menebar niat dan perbuatan baik. Kemudian untuk membangun hubungan timbal balik dan seimbang dengan pihak lain. Mencabut kebencian yang telah tertanam dalam hati. Selama ini, orang2 telah menjadi saksi: pertumpahan darah di Palestina dan tempat2 lainnya, Iraq dan Afghanistan, dan sekarang di Yaman, Libya. Perasaan mereka buruk. Segala upaya pemisahan Utara dan Selatan, Timur dan Barat, Darfur, apapun itu. Ketidakstablian di kawasan teluk. Ancaman terhadap Iran dan peranannya dalam hubungan politik internasional dan dunia. Pertarungan di ladang2 minyak. Hal-hal seperti ini bercampur jadi satu, dimana dibutuhkan kepemimpinan yang lebih kuat, yang memiliki visi...(harus ada pihak) yang mengambil peran kepemimpinan dan melakukan tindakan.

Sekarang adalah saat untuk bertindak. Segala hal prinsip telah disepakati. Namun pelaksanaannya? Tidak seorangpun mendebatkan prinsip-prinsip tersebut. Semua berbicara tentang kedamaian, semua berbicara tentang pembangunan, semua orang berbicara mengenai kemerdekaan negara. PBB dibentuk tahun 1947. Sebelumnya Liga Bangsa-Bangsa. Namun sebenarnya, di lapangan, tindakan yang diambil tidak tegas. Saya pikir, kita (PBB) ini ada lebih dari 190 negara.  Saat ini  Palestina sedang mencoba mejejakkan kaki di gelanggang (dunia). Dan kami membantu mereka. Bukan berarti mereka kemudian bisa menyerang yang lain. Saya pikir mereka tidak memiliki kemampuan ini. Maksimal yang bisa mereka lakukan adalah: bertahan, dan bertanya: Kehilangan apalagi yang harus kami alami?

TIME: Apakah sebenarnya al Ikhwan al Muslimin organisasi yang demokratis?

Dari segi definisi (demokrasi), ya. Dari makna yg luas, ya, tentu. Organisasi ini tegak berdasarkan keyakinan, keyakinan Islam, kebebasan bagi semua orang, kebebasan berkeyakinan, kebebasan berpendapat, kesetaraan, stabilitas, HAM. ERA (Equal Right Amandement). Nilai-nilai itu tidak hanya ada di Amerika. Amandemen Kesetaraan Hak. Siapapun. Ini adalah sebuah keyakinan, semuanya berasal dari keyakinan kami: demokrasi, kesempatan yang merata. Namun juga ada tanggung jawab. Hukum. Konstitusi.

Mesir adalah sebuah negeri tua; dan juga sebuah negara tua. Konstitusi yang dipakai di Mesir juga cukup tua. 1923. Itu (konstitusi) yang pertama. Dan kami sedang melangkah menuju posisi yang lebih stabil. Kita tidak akan bisa mewujudkan stabilitas tanpa adanya kebebasan, demokrasi, (penjaminan) hak bagi setiap orang, kesetaraan hak, kesejajaran hak pria dan wanita, bagi Muslim, Kristiani, dan bagi siapapun yang ingin berpendapat. Kesamaannya, garis dasarnya, referensinya adalah, kebangsaannya, kewarganegaraannya – Mesir, itu saja. Dan hukum berlaku bagi semua orang.

Dulu terdapat banyak pelanggaran. Maka, usaha yang selama ini dilakukan oleh IM adalah membentuk sebuah negara institusional dan konstitusional, jadi menurut saya, saat kami mendapatkan kesempatan, ini menguntungkan seluruh warga Mesir, keuntungan bagi siapapun yang ada di Mesir, Kristiani dan Muslim dan keuntungan pula bagi IM dan pihak2 lain dengan adanya negara yang institusional dan konstitusional.

Saya sangat senang mendapatkan kebebasan yang sesungguhnya dalam berekspresi. Kebebasan yang sebenarnya dalam berkeyakinan. Dan kebebasan untuk menjalankan keyakinan agama. Saya senang, dan akan selalu senang dengan adanya peralihan kekuasaan. Saya adalah presiden terpilih. Tanggung jawab terbesar saya adalah menjaga kapal nasional ini mengarungi masa transisi. Ini tidak mudah. Warga Mesir bertekad untuk melangkah melalui jalan kebebasan dan demokrasi, dan inilah yang saya lihat. Keadilan (hukum) dan keadilan sosial. Pembangunan dalam makna komprehensifnya. Pengembangan SDM. Pengembangan industri produktif. Penelitian ilmiah. Pembangunan politik. Hubungan internasional yang seimbang dengan semua pihak, Timur dan Barat. Kami yang di Mesir merasa bersemangat dan secara personal saya pun bersemangat dalam menjaga kebebasan, demokrasi, keadilan dan keadilan sosial. IM pun seperti itu.

TIME: Dekrit yang dikeluarkan pekan lalu mengundang banyak kontroversi. Jika anda dapat mengulanginya lagi, apakah anda akan mengeluarkan dekrit yang berbeda? Merevisinya?

(berbahasa Inggris) Oh tidak, saya pikir tidak demikian. Yang saya lihat sekarang ini, warga Mesir bebas. Mereka bersuara saat mereka beroposisi dengan presiden, dan saat mereka menentang situasi yang tengah terjadi. Dan ini merupakan hal yang sangat penting. Itu adalah hak mereka dalam berpendapat, dan bersuara dan mengekspresikan perasaan dan menunjukkan sikap mereka. Namun ini adalah tanggung jawab saya, yang saya lihat lebih banyak dibandingkan dengan apa yang mereka lihat. Saya rasa anda telah mengetahui (hasil) jajak pendapat terkini. Menurut saya, lebih dari 80, sekitar 90% rakyat Mesir – berdasarkan hasil jajak pendapat tersebut – mendukung apa yang telah saya lakukan. Dan yang saya lakukan ini tidak bertentangan dengan (keinginan) rakyat. Namun berpihak pada rakyat, bersamaan dengan maslahat (yang dihasilkan). Ada sedikit perbedaan cara penyampaian pendapat sekarang ini dengan yang apa yang terjadi pada Januari 2011 (pada masa pemberontakan terhadap Presiden Hosni Mubarak). Saat ini muncul kekerasan yang tidak pernah kita lihat sebelumnya, yang menandakan bahwa sesuatu yang buruk sedang terjadi.

Ini adalah tanggung jawab saya, pada dasarnya tidak masalah mereka berekspresi. Namun terjadi beberapa kekerasan. Selain itu, ada benang merah antara kekerasan2 ini dan simbol-simbol dari rezim terdahulu. Saya pikir, anda dan saya – saya memiliki lebih banyak informasi – tapi anda bisa merasakan hal tersebut.

Saya tidak khawatir. Saya yakin rakyat Mesir akan melewati situasi ini. Kita sedang belajar. Kita sedang belajar bagaimana bisa bebas. Kita tak pernah menemui (situasi) seperti ini sebelumnya. Kita sedang belajar bagaimana berdebat. Bagaimana menghadapi perbedaan. Bagaimana menjadi mayoritas dan minoritas. Bukan minoritas [meralat], namun mayoritas dan oposisi. Saat ini kami tidak memiliki lembaga parlementer. Sungguh disesalkan. Saat ini kami tidak memiliki konstitusi. Situasi sekarang memaksa kami, mendorong kami, untuk menyelesaikan (konstitusi), namun hal tersebut harus dilakukan dalam situasi dan iklim yang stabil, sehingga rakyat dapat pergi untuk memberikan suara (dalam perumusan) konstitusi. Kami ingin menuntaskannya.

... saya adalah presiden seluruh rakyat, yang bertugas memperhatikan apa yang terjadi di perbatasan kami, melihat apa yang terjadi di selatan, di Laut Mediterania, di Sinai, di Tahrir dan di tempat2 lainnya. Ini adalah tanggungjawab yang berat. Ini sebuah tantangan. Ini bukan tugas yang membahayakan, tapi tugas penting. Saya harus memperhatikan hal-hal tersebut dan mencari cara agar kita bisa melewati situasi bottle-neck ini. ini situasi yang panjang, yang telah berlangsung selama lebih dari dua tahun. Dan kemungkinan akan memakan waktu lebih lama lagi kedepannya. Namun saya yakin kami akan memiliki konstitusi. Ini penting. Jika kami memiliki konstitusi, maka apa yang saya ucapkan dan lakukan pekan lalu (dekrit) akan dicabut [Ia mengusap-usap tangannya].

Kami akan memiliki konstitusi yang merepresentasikan keinginan rakyat. Saat ini kami tidak punya parlemen, jadi saya bertanggung jawab [ia mengacungkan satu jari ke udara] untuk mengeluarkan peraturan, yang merupakan tugas besar, tugas yang serius. Saya tidak suka menggunakan kekuasaan saya, kecuali ada keharusan. Jika tidak, jika saya tidak harus menggunakannya, maka tidak akan saya gunakan. Kami ini sedang bergerak, perlahan, [dengan] kesulitan, namun juga keberhasilan. Maka ketika kami lihat orang-orang menyampaikan pendapat mereka beramai-ramai, itu bagus. Ini sebuah tanda positif. Tapi tidak dengan kekerasan. Jadi siapapun yang mencoba dan tidak mengamati keuntungan (yang diberikan oleh) kelompok mayoritas ini, dan berusaha menggoyangkan kapal, maka ini menjadi tanggung jawab presiden, tanggung jawab pemerintah, untuk mencari tahu apa yang terjadi. Menggoyang perahu tidak akan menguntungkan siapapun. Sebaliknya, ini akan merugikan.

Kami berada dalam sebuah situasi yang pelik Kami bergerak, kami belajar. Kami memiliki kebebasan, iklim yang baru, lingkungan yang baru. Rakyat bebas. Mereka berkespresi. Mereka bergerak. Tidak ada yang menghentikan mereka, tapi kekerasan yang dilarang tidak seharusnya dibiarkan. Hal tersebut melawan hukum. Bertentangan dengan kemaslahatan rakyat. Jika kita terus bersuara dengan cara damai, itu sesuatu yang bagus. Inilah salah satu keuntungan revolusi Mesir. Meminimalkan pertumpahan darah, dan mempertahankannya tetap seperti itu.

Kami mengawal [rakyat]. Kami mencari tahu. Kami mengukur. Kami melihat. Kami mengizinkan rakyat bergerak. Mereka bebas. Namun tanggung jawab kami adalah menjaga keselamatan mereka, mengawal mereka. Memberi mereka kesempatan berekspresi tanpa kekerasan di sekitar Meydane Tahrir [lapangan Tahrir]. Pergerakan mereka ini bahkan telah dimulai sebelum saya mengeluarkan [dekrit] yang konstitusional; situasi tersebut telah berlangsung selama lebih dari delapan hari atau sekitar itu. Hal itu semacam .... salah paham segelintir pihak. Namun tak apa. Hal tersebut akan lewat. Akan pergi, dan menurut saya, akan tercatat sebagai sebuah titik kebaikan dalam sejarah pergerakan kami dua tahun belakangan ini. Menurut saya, kami telah beberapa kali mengalami kejadian besar seperti ini di masa lalu. Dan selama pemilihan presiden dulu, anda menyaksikan apa saja yang terjadi. Dulu itu ada konflik hebat dan luar biasa antara kekuatan lama dan aksi-aksi revolusi.

Ini adalah eksperimen pertama kami, pengalaman pertama kami dalam sejarah. Lalu apa yang anda harapkan? Segala sesuatunya berjalan dengan mulus? Tidak. Perjalanannya, paling tidak, akan sukar. Bukan kekerasan, tapi kesukaran. Karena itulah, kami memiliki kesabaran yang cukup. Kami harap, bisa dengan cepat melewati ini menuju pembentukan konstitusi. Seperti yang saya pahami dari panitia pembentukan konstitusi, mereka membutuhkan waktu kira-kira satu bulan. Saya bilang, dua bulan. Saya berikan mereka waktu untuk menggelar diskusi sosial kemasyarakatan tentang pasal-pasal (yang dirumuskan), ada sekitar 230 pasal, mereka berselisih tentang 15 pasal. Hal ini memakan waktu. Mereka sedang bekerja sebaik mungkin. Dan saya sedang mengupayakan sebanyak mungkin pembicaraan dengan seluruh partai politik. Pihak gereja, dan blok-blok lainnya.

Jadi, Mesir ini sedang bergerak. Sekarang ini kami memiliki Mesir baru. Sebuah negara sipil, bukan teokratis, bukan negara para militan. (namun) mengarah ke sebuah negara sipil konstitusional yang sebenar-benarnya. Ada perlawanan. Ada kesulitan, rintangan, banyak hal kami dapati, namun (tetap) Mesir ini sedang melangkah. Rakyat Mesir akan berhasil, insyaallah.

TIME: Tahun ini, 2012, adalah tahun besar, banyak hal terjadi. Banyak orang mengelu-elukan anda sebagai seorang negarawan, sementara yang lain memberi peringatan bahwa anda adalah Fir’aun baru.

Fir’aun baru? [tertawa geli] Bisakah saya? Saya ini telah lama menderita. Menderita, secara personal!

(beralih ke Bahasa Arab) Karir politik saya telah dimulai sejak lama. 1986. Saya diajukan dalam pemilu parlemen tahun 1995 dan pemilu tersebut berlangsung curang. Kemudian saya diajukan di pemilu parlemen tahun 2000, lalu saya menjadi anggota parlemen periode 2000-2005. Saya diajukan kembali di pemilu 2005, lagi-lagi, terjadi kecurangan pada pemilu ini. Saya telah diamanahi tanggung jawab di bidang politik oleh IM selama 10 tahun. Saya berasal dari kalangan masyarakat Mesir. Saya mengetahui kondisi masyarakat secara keseluruhan serta penderitaan mereka. Saya berasal dari wilayah Sharkia, timur Kairo, tapi saya lulusan Universitas Kairo. Dan saya menerima gelar doktor dari Amerika Serikat.

Saya dijebloskan ke penjara, [Ia menyentuh dasinya] dan saat itu posisi saya adalah ketua departemen bahan ajar di universitas. Alasan penjeblosan saya ke penjara adalah karena saya membela peradilan dan hakim2 Mesir. Saya tahu persis apa arti pemisahan tiga kekuatan (Trias Politika), eksekutif, legislatif dan yudikatif. Pemisahan ini merupakan konsep utama negara yang berdasarkan institusi. Rakyat adalah sumber kekuatan yang sebenarnya. Presiden adalah representasi kekuatan eksekutif, dan ia dipilih oleh rakyat. Saya senang ketika rakyat mendapatkan kebebasan yang sempurna dalam pemilu, dan saya senang peralihan kekuasaan berlangsung melalui pemilu yang bebas. Saya telah pergi keliling dunia, apakah itu ke Amerika Serikat, ke Eropa atau negara2 Timur, dan saya tahu bagaimana segala sesuatunya berjalan. Saya paham teknologi, penelitian, aplikasi2 ilmiah, budaya, peradaban, perbedaan antara negara2 dunia, karakter sejarah. Dan saya cendekiawan Islam.... (beralih kembali ke Bahasa Inggris) saya bukan cendekiawan, saya berbicara tentang Islam. Saya tahu apa itu Islam, sungguh. Saya tahu apa itu Islam, makna komprehensif Islam, makna perbuatan damai, dan bagaimana Islam diterapkan dalam hidup masyarakat. Kesalahan penafsiran beberapa nilai-nilai Islam pun tidak tepat. Saya tahu tujuan riil, makna dan pengaplikasian Islam. Saya telah melakukan dan mempraktekkan hal-hal tersebut sejak lama, dalam kehidupan personal saya, dalam hidup bermasyarakat, di parlemen dan berapa lama saya di istana kepresidenan? Lima bulan. Bukan 30 tahun [lama pemerintahan Mubarak]. Baru lima bulan.

Bukan dua tahun, bukan 30 tahun. Hanya lima bulan. Lima bulan setelah adanya kerusakan-kerusakan besar, korupsi, perbuatan-perbuatan tidak terpuji. Rakyat telah lama dimarjinalkan. Saya merupakan bagian dari revolusi. Dan saya penanggung jawab aksi-aksi di Lapangan Tahrir dari pihak IM, perwakilan IM selama revolusi. Segala sesuatunya menjadi jelas dan saya sangat senang dengan kunjungan anda. Pertanyaan terakhir?

Saya berharap, ketika nanti kami memiliki konstitusi, dekrit yang telah saya keluarkan akan dicabut dengan segera, dan (saya harap) di kemudian hari akan ada lebih banyak pihak yang bercerita kepada anda mengenai hal-hal yang saya tuturkan sekarang ini, kami akan memiliki parlemen, kami akan mengadakan pemilu. Dua bulan untuk itu semua.

TIME: Apakah kepentingan masyarakat terjamin dalam konstitusi?

Mereka akan memberikan suara. Saat ini mereka sedang bertukar pendapat dalam komisi, komisi legal, yang dipilih. Ketika mereka selesai, saya akan membawanya ke tengah-tengah masyarakat untuk didiskusikan selama kurang lebih dua pekan, kemudian rakyat akan berpartisipasi dalam pemungutan suara. Menurut saya, hal ini merupakan tanggung jawab mereka secara keseluruhan.

TIME: Tapi bagaimana dengan kondisi politik di sekitarnya? Tidakkah kejadian-kejadian selama sepekan terakhir ini mengindikasikan bahwa rakyat memisahkan diri, bukan malah menggabungkan diri mendukungnya?

Tidak, mereka tidak memisahkan diri. Bukan memisahkan diri. Ini soal mayoritas dan oposisi. Saya dapat melihatnya dengan sangat jelas. Namun kubu oposisi tidak sama seperti dulu. Mereka punya hak, mereka (dapat) melakukan apa yang mereka katakan. Jika persentase oposisi 25% atau 30%, itu jumlah yang besar. Populasi kami 90 juta.

Jadi menyatakan pendapat, seperti yang telah saya katakan sebelumnya, menyampaikan ketidaksetujuan dengan cara damai itu sangat sehat. Sangat penting. Tapi tidak dengan kekerasan. Itulah bedanya. Dan kekerasan itu berhubungan dengan, seperti yang telah saya bilang, rezim terdahulu, dengan beberapa cara lain mereka berusaha menghentikan (laju Mesir), dan menghambatnya.

2012 adalah tahun terbaik bagi rakyat Mesir, dalam kehidupan mereka, dalam sejarah mereka. Kami telah menyelenggarakan pemilu presiden yang sesungguhnya sepanjang sejarah. Hal tersebut tidaklah mudah, apalagi ini berkaitan dengan lahirnya sebuah negara. Dan negara itu besar, tua, kuat dan memiliki akar sejarah yang panjang. Kami punya peneliti, kami memiliki politisi, ada kubu oposisi, ada petani, ada pelajar, anak-anak, semuanya itu adalah.... adalah keragaman yang tak terhitung.

Saat ini, tidak mudah memimpin negara dengan keragaman seperti itu. Namun tidak masalah. Kami sanggup melakukannya. Insyaallah kami akan melakukannya dengan sukses dan damai. Untuk kami, untuk seluruh daerah, dan seluruh dunia. Kami datang dengan misi kedamaian. Kami tidak melawan individu-individu atau negara2 tertentu, kami ingin hidup berdampingan dengan yang lain dalam kedamaian, kedamaian yang sebenarnya, kedamaian yang menyeluruh.[]


_____________
*Bottle-neck adalah situasi dimana pergerakan sedang terhambat. Seperti air yang ada di dalam botol, ketika dituang alirannya tertahan di leher botol yang sempit.


___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia
 
© Copyright PIYUNGAN ONLINE
fixedbanner