NEWS UPDATE :

Fahri Hamzah: APBN 2013 Masih Buka Peluang Korupsi

Rabu, 31 Oktober 2012


KOMPAS.com - Permasalahan APBN 2013 dinilai tak berbeda dengan APBN 2012 , yakni terjadi kekeliruan dalam perencanaan. APBN 2013 dinilai sama sekali tidak menggubris fakta-fakta bahwa APBN 2012 membiarkan peluang korupsi yang luar biasa massif.

"Dengan kata lain, pemerintah sebagai perencana anggaran telah merencanakan korupsi dalam APBN," kata anggota Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR Fahri Hamzah di Jakarta, Rabu (31/10/2012).

Fahri memberi contoh alokasi anggaran di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Anggaran fungsi pendidikan di Kementerian itu dalam APBN 2013 jauh lebih besar dibandingkan alokasi anggaran untuk tugas, pokok, dan fungsinya yaitu pemuda dan olahraga.

"Anehnya, pengalokasian anggaran fungsi pendidikannya tanpa sepengetahuan Komisi X. Disinyalir hal seperti ini juga terjadi di 18 kementrian dan lembaga lainnya. Jadi tidak aneh jika kasus proyek Hambalang mempertontonkan bagaimana sebuah proposal yang beredar di antara eksekutif dan sebagian anggota DPR serta calo anggaran tanpa perencanaan apapun kecuali untuk membobol APBN," kata Fahri.

Fahri menambahkan, lemahnya perencanaan anggaran di pemerintah pusat dan ketidakberanian mengatur anggaran, membuat hak alokasi APBN oleh anggota DPR menjadi liar. Jika hak alokasi ini tidak diakomodasi secara resmi dan Pemerintah membiarkan negosiasi alokasi menjadi permainan, kata dia, maka sama saja dengan menyiapkan tangkapan koruptor.

Anggota Komisi VII DPR itu menilai, tidak banyak perubahan dalam APBN 2013 dibanding APBN 2012, baik asumsi makro ekonomi maupun kebijakan anggaran yang tergambar dalam batang tubuh APBN sendiri. Pemerataan pembangunan belum mencakup ke pelosok daerah.

Dalam hal kebijakan pengalokasian anggaran belanja pemerintah pusat, tambah politisi PKS itu, belum terlihat ada terobosan. Belanja pemerintah pusat masih didominasi oleh belanja pegawai sebesar Rp 241.121 miliar, belanja barang Rp 159.997 miliar, dan belanja subsidi Rp 274 miliar.

"Jika digabungan ketiga belanja ini sudah menyerap hampir separuh dari total belanja pemerintah. APBN 2013 tidak memperlihatkan terobosan kebijakan yang signifikan untuk merubah pola belanja pemerintah pusat yang selama ini juga sudah diterapkan dalam APBN 2012 ," ujar Fahri.


___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

PKS Minta Menteri Lain Contoh Dahlan, Berani Ungkap Anggota DPR Pemeras

Jakarta - PKS mendukung langkah Menteri BUMN Dahlan Iskan yang ingin mengungkap nama anggota DPR pemeras. Anggota pemeras hanya akan membebani DPR. Mereka seperti benalu.

"Buka saja semua. Karena praktik ini kalau benar, seperti benalu," kata Ketua Divisi Humas PKS Mardani dalam pernyataannya, Selasa (30/10/2012).

Mardani juga menyarankan agar tak hanya Dahlan saja yang bersuara, apabila ada lembaga atau kementerian lain yang diperas anggota DPR sebaiknya bicara.

"Bahkan bukan cuma BUMN, yang lain, selagi ada momentum bisa ikut bersuara. Misal kementerian atau lembaga. PKS mendukung keterbukaan," tuturnya.

Mardani juga mengomentari soal inisial nama anggota DPR yang diduga memeras. Dia yakin anggota PKS masih sesuai jalur. "Kami yakin, aleg (anggota legislatif-red) PKS tetap bersih dan peduli," jelasnya.

Bersandar pada perintah Rasulullah, Mardani menegaskan, buka-bukaan soal siapa anggota DPR pemeras adalah suatu kewajiban. "Jadi ketika memperjelas hal yang kelabu, itu justru perintah dan sunah Nabi SAW," tegasnya. [detik]



___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

Masyarakat Menjadi Saksi Tadhiyah Ikhwah PKS Bali


Ketika Ambulan Datang Sore Itu

Saat menjelang lebaran Idul Fitri kemarin bertepatan dengan tanggal 17 Agustus 2012 yang lalu, ada tetangga saya yang sekaligus masih saudara meninggal di Bali.

Ba'dha Ashar para pelayat sudah menunggu kedatangan jenazah di rumah duka yang diperkirakan datang sore itu. Selama tinggal di Bali, almarhum memang jarang pulang ke Solo karena katanya sering tidak ada dana untuk pulang. Beberapa lama menunggu, terdengar dari kejauhan suara sirine mobil ambulans.

Setelah ambulans tiba, saya langsung terkejut setelah melihat tulisan di mobil ambulans yang ternyata milik P2B PKS DPD Denpasar Bali. Para pelayat juga langsung heran dan berkomentar, "Ambulans dari PKS". Sebelumnya terdengar pembicaraan tentang mahalnya biaya bila mengirim jenazah dari Bali.

Dari dalam mobil, turunlah 2 ikhwan untuk menurunkan jenazah. Setelah selesai semua, ikhwah ini langsung mengambil air wudhu untuk shalat. Kebetulan lokasi takziyah bersebelahan dengan masjid. Keletihan terlihat di raut wajah mereka.

Selesai shalat, saya menghampiri mereka untuk sedikit berkenalan dan menanyakan ihwal sampainya ambulans PKS membawa jenazah dari Bali ke Solo. Singkat cerita, ikhwah yang mengatar jenazah ini tidak kenal dengan almarhum yg meninggal. Hanya saja diminta untuk mengantar dengan biaya seikhlasnya.

Ikhwah tadi menceritakan, agar jenazah segera tiba sesuai dengan jadwal harus menerobos kemacetan lalu-lintas padahal saat itu bertepatan dengan saat mudik lebaran. Juga harus mengebut di tengah kemacetan sampai-sampai sering dicegat polisi.

Belum lama berbincang-bincang, ikhwah tadi langsung pamit untuk kembali ke Bali. Sempat saya tawarkan untuk istirahat sebentar di rumah, tapi ikhwah tadi khawatir saat lebaran tidak bisa sampai di Denpasar, Bali. Dengan memohon doa untuk kelancaran perjalanan, ikhwah tadi berpamitan.

Subhanallah, satu hal yang sangat membekas di hati adalah pengorbanan (tadhiyah) yang luar biasa dari ikhwah tersebut. Tadhiyah untuk melayani umat meski tidak mengenal siapa yang dilayani.

Sore itu, masyarakat menjadi saksi tadhiyah ikhwah PKS Denpasar Bali dalam melayani umat. Semoga kita juga mampu serta istiqomah melayani dan membasis di tengah-tengah masyarakat. Sehingga dakwah ini semakin memberi banyak manfaat.

*penulis: Chambali (Ketua DPC PKS Pasar Kliwon Solo)




___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

H. Edi, Kader PKS yang Sukses Jadi Juragan Kambing

Selasa, 30 Oktober 2012

H. Edi Prawoto, Bendahara DPC PKS Slawi
HARI MASIH PAGI KETIKA SAYA MENDATANGI RUMAHNYA PADA HARI MINGGU. Mentari memancarkan cahaya yang ramah nan hangat. Mata memandang, posisi matahari baru sekitar 45 derajat. Pukul delapan pagi, sudah tidak di rumah. Ia sudah berangkat menuju ke pasar. “Lagi pasaran,” kata Titis Setyaningrum, yang tak lain adalah istri tercintanya. 

Sosoknya dikenal karena keberhasilannya menjalankan usaha jual beli kambing. Namun siapa menyangka, jika dibalik kesuksesannya ia juga sempat mengalami jatuh bangun, sampai kemudian bisa bangkit lagi seperti sekarang ini Memiliki paras tegas, namun berperangai kalem begitulah gambaran besar sosoknya.

Namanya sudah dikenal di mana-mana. Ibarat mesin pencari google, begitu mengetik namanya layar monitor komputer secara otomatis menunjukkan kalau orang yang dimaksud adalah pengusaha kambing H. Edi. Selain kesehariannya mengurus dan berjualan kambing, pemilik nama lengkap H. Edi Prawoto ini mendapat amanah sebagai bendahara DPC PKS (Partai Keadilan Sejahtera) Slawi.. 

Ia sebenarnya tak pernah terbayang punya usaha seperti yang dilakukan orang tuanya. Tapi garis nasib mengatakan demikian. Bakat ayahnya berdagang sudah merasuk ke dalam jiwanya. Itu pun baru ia sadari ketika mulai bantu-bantu ayahnya mengurus kambing. 

Hj. Titin Setyawati, istri tercintanya menuturkan bahwa suaminya sempat putus asa selesai SMA. Niatannya mau kuliah tapi gagal. Tapi saat perjalanan hendak mendaftar di sebuah kampus di Solo, berkas-berkas ijasahnya hilang tanpa jejak. Mungkin terbawa atau dibawa lari orang. Padahal itu adalah dokumen-dokumen penting yang telah ia dapatkan setelah 3 tahun belajar di bangku SMA. “Saya sempat ikut seleksi, hanya saja tak lolos,” kenangnya. Sehingga cukuplah alasan yang membuatnya kecewa. Sudah ijazah hilang, keinginan untuk kuliah pun gagal gara-gara nggak lulus seleksi masuk Ia pun bingung harus berbuat apa, sampai akhirnya tak ada keputusan lain selain pulang kembali ke Tegal. 

Ia benar-benar patah semangat, masa depan yang ingin ia raih lewat dengan kuliah gagal saat baru pertama kali melangkah. Sempat terbersit di benaknya ingin mengurus ijazah yang hilang agar bisa kuliah lagi, tapi oleh ayahnya malah dibilangin begini, “Ya sudah, daripada repot-repot ngurus ijazah yang hilang entah dimana, lebih baik kamu ngurus kambing.” Edi pun tak banyak membantah. Ia ikut merawat kambing, ke pasar, sambil memperhatikan bagaimana cara menjual kambing, sampai akhirnya secara perlahan menemukan kenyamanan. 

Pada tahun 1996, ia merasa sudah cukup mampu buka usaha sendiri, ia pun meminta saran ayahnya untuk memberikan restu. Ayahnya meminjaminya modal satu juta rupiah. Dari situ ia gunakan sebagai modal untuk belanja kambing untuk ia jual di pasar, “Kalau kambing nggak habis, saya serahkan sama bapak saya, kemudian bapak yang jualkan, dari situ saya dapat keuntungan seribu,” kenangnya mengingat motivasi dan dukungan yang luar biasa. 

Edi pun semakin mantap dengan usaha ini. Ia sudah menemukan celah, mengenal banyak relasi, dan mendapatkan bakul-bakul kambing. Jiwa dagangnya pun semakin terasah. Usahanya semakin berkembang ketika sering mendapat proyek-proyek pengadaan kambing yang mencapai angka fantastis mencapai 1000 ekor!. Tak tanggung-tanggung yang order itu bahkan sampai ke luar kota diantaranya adalah Cirebon, Temanggung, Sumatera, dan Aceh. Menurutnya, permintaan dari Temanggung itu unik, setiap belanja kambing, H, Edi lebih sering mencari di daerah Temanggung, tapi begitu kambing sudah besar dan gemuk, Temanggung memesan kepada H. Edi. “Mereka butuh kambing-kambing yang besar dan gemuk,” ujarnya tersenyum. 

Jika harus ke Temanggung, pukul satu pagi sudah bangun dan siap-siap berangkat. Di pagi buta menempuh perjalanan menuju Temanggung. Perjalanan yang menempuh waktu kurang lebih lima jam itu ditempuh pulang pergi, dan sampai rumah pukul 5 sore. Menurut istrinya, ayah 4 anak ini, termasuk tipe pekerja keras. Suatu saat ia pernah berpesan kepadanya, jika ingin berhasil, jangan lupa shalat tahajud, shalat dhuha, dan puasa. “Alhamdulilah, amalan-amalan masih dipertahankan sampai sekarang. Mudah-mudahan terus istiqomah. Barangkali ini buah dari kekuatan doa yang terus dipanjatkan, sehingga memudahkan jalan,” ucap Titin. 

Bergelut di dunia proyek pun tidak selamanya mulus. Ia pernah mendapat proyek pengadaan 1000 ekor kambing, ketika sudah disiapkan, oleh pemesan proyek hanya diambil 200 ekor, sisanya dianggap tidak sesuai dengan yang mereka inginkan. Ia kembali membawa pulang 800 ekor kambing lagi. “Saya kecewa berat waktu itu, tapi mungkin nanti akan ada hikmahnya,” ujarnya. Ia juga pernah mendapatkan proyek yang sama, namun uang belum sempat dibayarkan semua. Masih ada sekitar 30’an juta yang belum terbayar. Tapi orangnya keburu meninggal. “Saya ikhlas saja, masak mau berurusan sama orang yang sudah meninggal,” kenangnya lagi. 

Sampai suatu ketika ia mendapat tawaran pengadaan 1000 kambing di musim lebaran haji. Tawaran itu datang ketika ia sama sekali tak punya modal yang cukup. Kekurangan modal saat itu mencapai sekitar 200 juta. Istrinya sempat memberikan saran agar pinjam ke bank saja daripada kepepet. dengan jaminan sertifikat mobil. “Mendapat saran itu, Abi menolak. Katanya tak ingin riba. Ia malah menasehati, Umi ingin usaha kita berkah nggak? Kalau umi mau pinjam, silahkan pinjam, pakai saja sama Umi, tapi Abi satu rupiah pun nggak mau pakai uang pinjaman bank.” 

Sebenanya modal itu bukan habis begitu saja, tapi saat itu ada beberapa bakul kambing yang belum melunasi pembayaran. “Modal habis. Sementara uang masih dibakul, masing-masing ada yang 30, 50, sampai 60 juta. “Sampai sekarang pun masih ada yang belum bayar,” ujarnya. Ia bahkan sampai malu menagih karena sudah tiga kali tapi belum juga bayar. “Mudah-mudahan segera mereka lunasi, yang namanya hutang kan wajib dibayar, mudah-mudahan mereka paham itu,” harapnya. Suasananya berubah dimulai ketika suatu ketika, istrinya mendapati suaminya tengah menangis di malam hari di atas sajadah, meminta agar diberi kemudahan jalan keluar. 

Doanya pun terjawab di pagi harinya. Saat H. Edi mencuci mobil, ia pun ngobrol-ngobrol dengan pemilik cucian mobil. Orang tersebut membuka obrolan, 

“Musim lebaran haji begini, orderan ramai dong.” Mendapat pertanyaan itu, H, Edi menjawab, 

”Ramai, tapi sayangnya lagi nggak punya modal.” 

“Butuh modal berapa?” respon itu ternyata cukup mengejutkan H. Edi. Dia pikir itu hanya bercanda. Ia pun meladeninya dengan ringan saja. 

“Ya, kalau dihitung-hitung sih minim-minimnya 200 juta,” jawabnya. 

Subhanallah, dari obrolan itu malam harinya ia mendapat kabar di rekeningnya sudah ditransfer sebanyak 50 juta. Menyusul kemudian pada hari yang sama masuk lagi transferan 100 juta. Dua hari kemudian transferan datang 50 juta, sehingga jumlahnya genap menjadi 200 juta. Istri tercinta sempat tak percaya dengan kejadian itu. Ia pun sempat bersilaturahim ke rumahnya, dengan maksud menitipkan BPKB mobil sebagai jaminan, namun hal itu ditolaknya. 

Saat ini ada sekitar 400 ekor kambing yang tersebar di beberapa peternak yang ia ajak kerjasama. Hitung-hitung membuka kran rezeki orang lain. “Sistemnya bagi hasil. Para peternak merawat, dan memberi makan, setelah kambing mencapai usia 8 bulan atau satu tahun, baru dijual. Keuntungannya dibagi dua.” 

Hidupnya terasa lengkap karena sekarang ini H. Edi dikaruniai 4 orang anak. Mereka adalah Nur Faizah Setyaningrum (10), Najla Rona Saffa (9), M. Nabil Abdul Rohim (6), dan si bungsu Ahdan Abdul Rohman Albar.


Tahun 2010, usahanya kini pun merambah dengan membuka usaha kuliner. Usaha itu diberi nama Warung Sate H. Edi. Banyak tokoh dan pejabat-pejabat penting yang pernah makan di warungnya. Saat launching pun diresmikan pertama kali oleh Menteri Pertanian Ir Suswono. Beberapa tokoh penting seperti Ketua DPW PKS Jateng DR. Abdul Fikri,MM, Yusuf Mansur juga sempat mampir dan makan di tempatnya. 

Iby Kingsley (mengangkat tangan) pernah makan di warung sate H. Edi
Atlet sepakbola dari luar negeri pun sempat mampir di warung satenya. Dia adalah Iby Kingsley, yang memperkuat Persepar (Palangkaraya) di Divisi Utama IPL (Indonesia Premier League). Kisahnya tim Persepar ini hendak bermain bola di Pekalongan. Saat baru sampai Tegal radio mobil yang mereka tumpangi kebetulan sedang memutar iklan warung sate H.Edi yang disebut-sebut menggugah selera itu. Merasa penasaran, ia pun mencari alamat warung sate H. Edi sampai akhirnya ketemu. 

Subhanallah, iklannya berdampak juga ya, kapan nih pasang iklan di web ini. Bisa-bisa presiden PKS nih yang akan berkunjung ke warung sate nih, hehehe….(Ali Irfan) 



*http://www.pkskabupatentegal.com/2012/10/hedi-kader-pks-yang-sukses-jadi-juragan.html

PKS Sesalkan Aksi Polri Gugat KPK | 'Sangat tidak layak sesama institusi negara'

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyayangkan dan menyesalkan gugatan Korlantas Polri kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Demikian disampaikan anggota Komisi III asal PKS, Indra, kepada LICOM, Senin (29/10/2012).

“Sangat tidak layak sesama institusi negara dan juga sekaligus sesama penegak hukum saling menggugat,” ujarnya.

Apabila kedua institusi ini memang ada persoalan, seharusnya mereka bisa saling berkoordinasi dan membicarakanya secara baik.

“Ketika koordinasi dan sinergi antara Polri dan KPK berjalan dengan baik, serta tanpa mengedepankan ego institusi masing-masing, maka saya yakin gugatan tersebut tidak perlu dilakukan,” tegasnya.

“Sangat ironis dua institusi yang dibiayai dari sumber dana yang sama, yakni APBN,namun saling menggugat secara materil dan imateril,” tambahnya lagi.

*http://www.lensaindonesia.com/2012/10/29/pks-sesalkan-aksi-polri-gugat-perdata-kpk.html



___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

Reses DPR: Aleg PKS Herlini Amran Silaturahim Tokoh Masyarakat Karimun

Senin, 29 Oktober 2012

Aleg PKS Herlini Amran bersama tokoh-tokoh Masyarakat Kabupaten Karimun

Karimun (29/10) – Herlini Amran, Anggota Komisi X DPR RI asal Dapil Kepuluan Riau, Minggu (28/10) memanfaatkan Reses masa sidang I priode 2012-2013 bersilaturahim dan melakukan serap aspirasi dengan tokoh - tokoh Masyarakat Kabupaten Karimun.

“Alhamdulillah, senang sekali Saya bisa berkunjung sekaligus melakukan silaturrahim dan menyerap aspirasi dari tokoh-tokoh masyarakat Karimun. Dengan turun kebawah saya bisa memahami kebutuhan masyarakat di bawah dan ada masukan untuk kami perjuangkan aspirasinya,” kata Herlini.

Menurutnya sudah menjadi kewajiban setiap Anggota DPR saat reses untuk turun ke bawah mendengarkan aspirasi masyarakat daerah pemilihannya, sehingga mereka bisa lebih memahami dan mengetahui apa yang di butuhkan masyarakat. Hasil yang didapat dari penjaringan aspirasi ini akan sangat berguna terkait dengan peran dan fungsi DPR.

Pertama-tama sebelum memulai Herlini mengucapkan mohon maaf lahir batih karena saat ini masih bertepatan dengan hari tasrik dan mendorong untuk masyarakat memanfaatkan momentum ini untuk meningkatkan ibadah kepada Allah saat-saat ini.

Kemudian Herlini melanjutkan dengan menjelaskan tugas-tugas kedewanan nya dilanjutkan memaparkan apa saja yang diperjuangkan di Komisi X dan juga perkembangan yang terjadi selama ini.

Dalam Kesempatan tersebut, Herlini berharap, “Pemerintah dan masyarakat harus memiliki integritas yang baik agar bangsa ini tidak terus terpuruk akibat dari Perilaku Korupsi yang selama ini seakan menjadi budaya bangsa ini,” tutupnya.

Ketua Pelaksana Forum Silaturahim, Suyadi mengatakan,” Kami bersyukur ada anggota dewan yang masih mau turun ke bawah dan mendengarkan aspirasi kami setelah terpilih, ibu Herlini ini sudah berkali-kali mengunjungi Karimun untuk melakukan serap aspirasi masyarakat,” katanya.

Suyadi berharap aspirasi tokoh-tokah masyarakat Karimun dapet diperjuangkan oleh Ibu Herlini sebagai wakil rakyat asal Kepri untuk terutama pada bidang pendidikan yang biaya tiap tahunnya naik padahal dalam Undang-undang nya anggaran pendidikan sudah 20 persen.

Acara reses tersebut dilakukan di Aula Hotel New Marina di Tanjung Balai Karimun Kecamatan Karimun  yang dihadiri kurang lebih 200 peserta yang merupakan Tokoh-tokoh Masyarakat di Kabupaten Karimun. Pesertanya terlihat sangat antusias sekali karena Herlini lebih banyak memberikan kesempatan peserta untuk bertanya ataupun yang menyerap aspirasi.


___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

Subhanallah... Kader PKS Lampung Gotong Royong Kurban 3 Miliar

Lampung - Kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Lampung sampai dengan 11 Dzulhijjah 1433 (Sabtu, 27/10) berhasil mengumpulkan 216 ekor sapi dan 533 ekor kambing kurban yang bila dikonversi sebesar Rp 3,1 miliar.

"Alhamdulillah sampai dengan hari kedua Idul Adha tahun ini jumlah tersebut memenuhi 68% dari target 100% setara 440 ekor sapi kurban," jelas Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Lampung Gufron Azis Fuadi didampingi Bendahara Umum yang sekaligus bertindak sebagai Koordinator Kurban Agus Kurniawan.

Menurut Gufron, kemungkinan masih akan ada pembaharuan jumlah hewan kurban hingga hari tasyrik Senin (29/10). Ditambahkannya ada sedikit penurunan dari prosentase target dibanding tahun lalu.

"Tetapi memang target tahun ini lebih besar dibanding tahun lalu. Tahun lalu target kami setara 300 ekor sapi, sedangkan tahun ini setara 440 sapi," aku Ketua Fraksi PKS DPRD Lampung ini.

Seluruh hewan kurban tersebut merupakan hasil kurban 30 ribu kader PKS se-Lampung baik yang berasal dari kurban mandiri maupun bantuan pihak ketiga. "Beban masing-masing kader tentu berbeda, tapi jika direrata setiap kader sudah menyumbang Rp 10 juta untuk kurban tahun ini," lanjut pria kelahiran Pringsewu ini sambil tersenyum.

Menurut Gufron, sebagai partai kader berbasis massa, kinerja kader PKS termasuk dalam momen Hari Raya Kurban ini menjadi sangat penting. "Kader PKS se-Lampung di semua level sudah menunjukkan partisipasi yang luar biasa," ujarnya.

Semoga kurban yang diberikan benar-benar kurban terbaik dan memberi kemanfaatan sebesarnya bagi dhuafa, sebagaimana yang dislogankan partai bulan sabit kembar ini pada Idul Kurban tahun ini. [pks.or.id]




___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

Meriahnya Idul Adha & Qurban di Kairo bersama PKS Mesir


TASYAKURAN QURBAN PIP PKS MESIR

Cairo city - Dalam rangka memeriahkan hari raya eid adha 1433 H, PIP PKS Mesir mengadakan acara Tasyakuran Qurban (semacam open house) untuk seluruh kader dan simpatisan dengan tema “Meneguhkan Semangat Tadhiyah Kita” yang dilaksanakan pada hari ahad, 12 Dzulhijjah atau 28 Oktober 2012 bertempat di Nadi Central II Zahra kota Kairo.

Kegiatan berlangsung dengan lancar, penuh rasa kekeluargaan dan ukhuwah yang tinggi. Seluruh ketua kekeluargaan yang ada di Mesir pun diundang untuk memeriahkan acara tersebut. Sebelumnya shalat eid Adha telah dilangsungkan di Masjid as Salam – Nasr City, Kairo. Hampir seluruh mahasiswa Indonesia yang berdomisili di kota Kairo menjalankan shalat eid-nya disana. Masjid As Salam merupakan masjid yang tiap tahunnya digunakan WNI sebagai tempat shalat di hari raya. Bertindak sebagai imam shalat eid adha pada waktu itu Ustadz Wahidul Kholis At Tsauri dan Khatib oleh Ustadz Muhammad Ikhwani, MA.

Tasyakuran qurban – open house dimulai pukul tiga sore, acara tersebut diawali dengan pertandingan futsal antar team dengan sistem kompetisi. Tidak hanya di futsal saja, cabang olahraga bola volly pun juga ada. Seusai melaksanakan pertandingan futsal, seluruh ikhwah yang hadir menjalankan ibadah shalat magrib berjama’ah disusul dengan makan malam bersama dengan menu gulai daging sapi.

Alhamdulillah, tahun ini PIP PKS Mesir dapat berqurban satu ekor sapi dan delapan ekor kambing, dan qurban tahun ini mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya.

Jelang beberapa menit kemudian, di acara terakhir, seluruh ikhwah memasuki aula pertemuan untuk bersama-sama mendengar dan menyaksikan taujihat yang akan disampaikan oleh tim relawan KNRP (Komite Nasional untuk Rakyat Palestina) yang baru saja sampai kembali lagi di Kairo setelah beberapa hari mereka melaksanakan perjalanan menuju Gaza – Palestina dan pada saat itu mereka belum sempat mampir dan istirahat ke tempat penginapan, tapi mereka langsung menuju tempat acara yang digelar PKS Mesir ini.

Sambutan pertama disampaikan oleh ketua PIP PKS Mesir, Ust.Tarmizi, Lc, sambutan berikutnya oleh Ketua Kawasan Timur Tengah dan Afrika, BHLN, DPP PKS, Ust. Izzuddin Abdul Manaf yang juga salah satu anggota tim KNRP yang berangkat ke Gaza. Tembang nasyid haroki pun tak luput untuk menyegarkan dan menggelora semangat para hadirin yang hadir.

Kemudian dilanjutkan dengan tausiah yang disampaikan oleh Ust. Irsyad Safar, Lc. Sedikit mengutip cerita beliau saat berkunjung ke Gaza pada waktu itu, DR.Ismail Haneyya mengatakan kepada kita semua; “Ketahuilah bahwasanya pintu al Quds kian terbuka dan gerbang untuk masuk kesana adalah Gaza”.

Selanjutnya acara ditutup dengan pembacaan do’a oleh Ust.Muhammad Arif Maschun, Lc.

reporter dan Ust. Izzuddin Abdul Manaf
tim KNRP dari DPP PKS
Alhamdulillah acara demi acara telah berjalan lancar sesuai agenda yang direncanakan, tepat pukul 21.15 WK (Waktu Kairo) seluruh ikhwah meninggalkan Nadi Central II menuju rumahnya masing-masing, dengan segudang azzam, cita-cita mulia untuk menyongsong masa depan gemilang dan tadhiyah akan ummat. Allahu Akbar !!


*Reporter: Adi Sucipto







___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

Gus Sholah: Warga PKS umumnya Sunni, ada juga Alumni Tebu Ireng dan Langitan

Minggu, 28 Oktober 2012

“Warga PKS umumnya sunni. Ada alumni Tebuireng, Langitan.”-Gus Sholah-

Demikian pernyataan Salahuddin Wahid, pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, dalam kesempatan 'tanya jawab' sore ini (28/10) via akun twitternya @Gus_Sholah. Adik kandung dari mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sangat terbuka dalam dialog. Tokoh nasional yang akrab dipanggil Gus Sholah ini juga senantiasa menghimbau agar saling menghormati 'perbedaan' dan tidak membesar-besarkan perbedaan dalam masalah-masalah khilafiyah.

Perbincangan 'tanya jawab' antara @Gus_Sholah dan para followernya di twitter sore tadi kami rangkum dan kutip berikut ini....



Tanya (@PurnomoSetiawan): apa benar mayoritas umat islam di Indonesia adalah Sunni ? Sy baca di CNN spt itu.

    Gus Sholah: Benar. Ada banyak klmpk.

Tanya (@hasansincan): ciri ajaran sunni itu apa? apa Sunni msh terpecah2?

    Gus Sholah: Sunni ialah yg biasa kt temui. Diluar itu syiah, Ahmadiyah.

Tanya (@hasansincan) : apa Sunni msh terpecah2?

    Gus Sholah: Ada klmpk2 yg berbeda, terkadang tajam.
  
Tanggapan (@aqilan_aqilun) : perbedaan itu hal yg biasa, tp kalo yg membesar2kan perbedaan itu yg luar biasa, bukan begitu?

    Gus Sholah: Betul. Hormati perbedaan.

Tanya (@LellyKustiandi): apa ya wahabi termasuk golongan sunni. mhn pencerahan nya.

    Gus Sholah: Termasuk.

Tanya (@patih_patria): NU termasuk yg mana Gus??

    Gus Sholah: Sunni.

Tanya (@hakimfahmi): Klo muhammadiyah gus?

    Gus Sholah: Sunni.

Tanya (@deanmedi): Gus, apakah pks itu wahabi?

    Gus Sholah: Ada yg wahabi, ada yg bkn. Warga PKS umumnya sunni.

Tanggapan (@ributlupy): Bahkan buanyak yg NU jg.

    Gus Sholah: Ada alumni Tebuireng, Langitan.

Tanya (@ributlupy): Anak kader PKS jg byk di Tebuireng ya?

    Gus Sholah: Guru (Tebuireng-ed) yg PKS jg banyak.

***

Sekjen PKS Anis Matta bersilaturohim
dengan pengasuh Ponpes Tebuireng KH. Salahudin Wahid di Jombang (27/7)

***


___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

Di Bali, PKS Tebar Ratusan Hewan Qurban

Pemotongan hewan qurban di Wanasari Denpasar

Momentum Idul Adha 1433 H kali ini dimanfaatkan secara optimal oleh jajaran struktur Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Bali. Rangkaian kegiatan Idul Adha menjadi sarana bagi pengurus struktur dan kader untuk terjun dan terlibat langsung agar lebih dekat dengan masyarakat, diantaranya adalah dengan menerjunkan kader untuk tampil di mimbar-mimbar menjadi Imam dan Khatib Shalat Iedul Adha serta menyalurkan hewan kurban.

Ketua Umum PKS Bali H. Mudjiono pun memanfaatkan momentum Idul Adha kali ini untuk kembali menyapa masyarakat dan konstituennya di Kota Denpasar. Sebagai Anggota Legislatif di kota ini, kesempatan ini ia gunakan untuk blusukan ke kampung – kampung di Denpasar untuk secara langsung mendistribusikan hewan qurban kepada masyarakat. “Alhamdulillah, pagi ini kami mulai dengan pemotongan 3 ekor sapi di Desa Wanasari Denpasar, dan selama tiga hari kedepan kader kami akan melakukan tebar hewan kurban di berbagai desa di pelosok Bali”, jelas Mudjiono.

Agenda pemotongan hewan kurban ini dilakukan secara rutin oleh struktur PKS di semua tingkatan di Bali. Tahun ini tak kurang dari 150 ekor sapi dan kambing telah disiapkan untuk ditebar melalui struktur PKS di pelosok Bali. Sebagian besar hewan - hewan kurban tersebut didatangkan dari daerah Buleleng dan Karangasem Bali. Yang membedakan PKS Bali dengan elemen dalam kegiatan ini adalah PKS meminimalisir adanya antrian penerima daging qurban dengan cara mengantarkan ke kediaman mereka.

Sebagaimana tahun – tahun sebelumnya, PKS Bali juga menerjunkan kadernya untuk turun dan berperan aktif dalam menyambut Idul Adha. Di berbagai daerah menggelar jamaah Shalat Idul Adha atau berperan aktif mengisi Khutbah Idul Adha dan menjadi Imam Shalat bersama masyarakat. Sebagaimana yang dilakukan oleh Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah, Ust. Agus Yulianto. S.TP di Lapangan Kampus Universitas Udayana yang dihadiri oleh ribuan masyarakat Kota Denpasar. Di tempat terpisah Ketua Bidang Kaderisasi Kabupaten Badung Ust. Hasibli juga menjadi Imam dan Khatib Shalat Iedul Adha di Lapangan Jimbaran. (Afn).

*http://www.pksbali.org/2012/10/jangkau-pelosok-bali-pks-tebar-ratusan.html



___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

Door to Door, Ratusan Kader PKS Jateng Bagikan Qurban dipimpin Ketua DPW

Qurban door to door: Ketua DPW PKS Jawa Tengah, Abdul Fikri Faqih menyerahkan hewan kurban
ke warga sekitar Kantor DPW PKS Jawa Tengah

PKS Jateng bagikan Hewan Kurban

KOMPAS.com - Terobosan baru dilakukan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jateng menyambut Hari Raya Idul Adha 1433 H dalam pembagian daging hewan kurban.

Ratusan kader PKS, Sabtu (27/10 /2012), secara serentak diterjunkan langsung untuk membagikan daging kurban ke rumah-rumah penduduk di sekitar kantor Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera, Jl.Kelud Raya, Semarang, Jawa Tengah.

"Kita mengantisipasi agar tidak terjadi kericuhan seperti yang biasa terjadi saat pembagian daging kurban. Oleh karena itu kita inisiatif mendatangi warga untuk membagikan daging kurban," ungkap Kharis Raharjo, Ketua Panitia Qurban DPW PKS Jateng.

Pembagian daging kurban dengan mengantar langsung ke rumah warga sebagai langkah antisipasi agar tidak terjadi kericuhan pada saat pembagian daging kurban. Sebab, akhir-akhir ini ternyata banyak terjadi kericuan saat pembagia daging kurban dengan pemberian kupon kepada warga.

Pembagian daging kurban kepada warga secara simbolis diserahkan oleh Ketua DPW PKS Jateng, Abdul Fikri Faqih kepada warga di samping kantor DPW PKS. Pada Idul Adha tahun ini, DPW PKS Jateng menyalurkan hewan kurban sebanyak 750 sapi, sedangkan di kompleks DPW sendiri hari ini, dilakukan penyembelihan sebanyak 5 ekor sapi.  Khusus untuk DPW PKS, kegiatan di kantor PKS menyembelih 15 hewan kurban, rinciannya 5 sapi dan 10 kambing.

*http://regional.kompas.com/read/2012/10/27/1542584/PKS.Jateng.bagikan.Hewan.Kurban



___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

PKS Piyungan Tebar Qurban di 3 Desa

"Seribu tapak kau langkahi, Seribu pelosok kau sambangi. Tanpa kenal lelah jemu, Sampaikan Firman Tuhan-Mu" (Izzatul Islam)


Dari pelosok Ngayogyakarta Hadiningrat, PKS Piyungan menebar semangat sumpah pemuda untuk tetap melayani dan bekerja untuk Indonesia. Bertepatan Hari Raya Idhul Adha sejumlah hewan qurban disalurkan kepada warga di tiga desa yang ada di kecamatan Piyungan: desa Sitimulyo, Srimulyo dan Srimartani.

  • Pada Hari-H Idhul Adha, 26 Oct 2012 : 3 ekor kambing diserahkan untuk dusun Nganyang, dusun Banyakan dan dusun Ngelosari, desa Sitimulyo. Sementara seluruh kader dita'limat untuk terlibat di Masjid kampung tempat tinggal.
  • Pada H+1 (Sabtu, 27/10):  disembelih 1 ekor Sapi di sub dusun Kenanga, Plesedan rt 6, dan 1 ekor kambing di dusun Sumberejo Prayan, desa Srimulyo
  • H+2 (Ahad, 28/10): disembelih 1 ekor Sapi di dusun Sanansari, desa Srimartani.

Dari pelayanan penyembelihan qurban di dusun Kenongo, disepakati untuk terus menjalin silaturahmi. PKS Piyungan diharap dapat berbagi ilmu membentuk Ta'lim Ibu Ibu setiap Jum'at Pon. Selama ini acara tsb hanya diisi arisan. Siap..! PKS siap melayani. Satu lagi lahan dakwah terairi.

*Reporter: Wied

___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

"Idul Adha & Sumpah Pemuda" | Kultwit @Fahrihamzah





Fahri Hamzah
@Fahrihamzah


  1. Apakah yg kita rayakan kemarin dan apa yg kita rayakan hari ini? Idul Adha1433H dan Sumpah Pemuda 2012.

  2. Kita merayakan hal yang sama; dalam Idul Adha 1433H kita rayakan pemuda dan hari ini kita rayakan Sumpah Pemuda 2012.

  3. Dua mementum sejarah berdekatan mencatat hal yang sama, bisakah kita ambil hikmah yang sama?

  4. Pertama, adalah pemuda Ibrahim AS, sang kekasih Tuhan (khalilullah), lahir di daerah Ur (Iraq), dan menjadi nabi 1900 SM.

  5. Kenapa Tuhan memilihnya menjadi nabi? Lalu dari keturunannya kelak lahir pula nabi-nabi?

  6. Ibrahim dikenal pencari kebenaran. Pemuda Babilon ini bahkan mendobrak tradisi keluarganya sebagai pematung berhala.

  7. Demi kebenaran, Pemuda Ibrahim AS menghancurkan berhala dan melawan rezim Tiran Namrudz.

  8. Demi kebenaran IbrahimAS muda dibakar hidup-hidup sampai Allah menunjukkan kebenarannya.

  9. Dari Ibrahim AS kita belajar tentang kecintaan kpd kebenaran dan keberanian bahkan melawan keluarga dan bangsa sendiri.

  10. Karenanya Ibrahim AS menjadi kekasi Allah. Puncak ujian-nya menjadi kekasih Allah justru saat ia diminta berkurban.

  11. Tak tanggung, yang harus ia kurbankan adalah anak semata wayangnya: Ismail AS.

  12. Prosesi inilah yg diabadikan dalam Haji dan Idul Adha, kisah keberanian dan ketaatan.

  13. Sekarang bagaimana dengan pemuda Ismail AS? Apa kelebihannya? Bukankah dia anak nabi? Mudahlah menjadi nabi.

  14. Pemuda Ismail AS tentu adalah didikan bapaknya dan ibunya hajar, sehingga memiliki pribadi luar biasa.

  15. Lihatlah dialog, "Hai anakku, sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah apa pendapatmu".

  16. "Hai Bapakku, kerjakanlah apa yg diperintahkan kepadamu; insya Allah engkau akan melihatku termasuk orang2 yg sabar"(QS shaffat:102)

  17. Pemuda Ismail AS telah mendukung keputusan Ibrahim AS meski itu menyangkut nyawanya.

  18. Satu sisi Ibrahim AS yg sudah tua, menanyakan keputusan yang sulit itu, apa pendapat Ismail AS.

  19. Satu dialog saling pengertian yang memukau dalam perjuangan menegakkan kebenaram. 

  20. Pantaslah jika Tuhan mengabadikan prosesi anak manusia ini dalam peristiwa kolosal Haji.

  21. Sekarang apa yg kita ingat dari Sumpah Pemuda yang kita peringati untuk ke 84 kalinya.

  22. Lagi2 kita mengingat pemuda, para "jong" yang entah dengan semangat apa, mereka berkumpul pada KPI Ke-2.

  23. KPI adalah Kongres Pemuda Indonesia yg telah diselenggarakan pertama thn 1926 dan terus digelorakan dgn pertemuan antara.

  24. Sampai kemudian terlaksana pertemuan kedua (27-28 oktober 1928) yg ditutup dengan pembacaan rekomendasi dan sumpah.

  25. Sumpah Pemuda, seperti yg naskahnya sering kita dengar adalah suara hati dan suara zaman yg bertemu.

  26. Jadilah Sumpah Pemuda sebuah momentum ketika dentuman besar menggelegar, hasrat menjadi Indonesia tak terbendung.

  27. Bara api persatuan menuju kemerdekaan menjalar di seluruh penjuru nusantara. Puncaknya Proklamasi 17/8/45.

  28. Dada diisi harapan, dimana-mana angkara murka tak lagi bisa menahan perlawanan meletup dimana-mana.

  29. Maka, jika kebenaran telah menjadi keyakinan dan ia berada dalam diri Pemuda adakah yg lebih dahsyat? 

  30. Itulah yang terjadi pada sekitar 1900-an sebelum Masehi dan 1900-an setelah masehi.

  31. Lalu apa yang kita hadapi hari ini? Kenapa Pemuda dan Kaum Muda seperti kehilangan jejak?

  32. Aku lebih cenderung percaya bahwa kita sedang menunggu momentum ledakan.

  33. Memang ada yang tersesat, tetapi sifat2 dasar pemuda tak mungkin hilang dari sejarah.

  34. Sifat cinta kebenaran, berani, jujur dan terus terang, setia, rela berkorban dll tak akan sirna.

  35. Mereka yang kehilangan sifat2 itu adalah mereka yang telah mati. Dimakan usia dan waktu.

  36. Mereka yang setia dan tak kehilangan jati diri adalah mereka yang menunggu...

  37. Dan, ada yg telah mati sebagai syuhada, ada yang menunggu mati dengan tetap memagang janjinya pada sejarah.

  38. Apakah kita termasuk setia menunggu mati dalam kesetiaan janji? Kita dan Tuhan yg tahu.

  39. Memang menunggu pekerjaan yang tidak mudah, tapi memang tidak ada cara lain. Waktu adalah obat.

  40. Tidak ada yang salah dari apa yg sdh kita perbuat selama ia adalah pelaksanaan janji setia.

  41. Bahwa setelah itu sesuatu berputar arah dan tak sesuai dengan rencana semula, adalah ujian kita.

  42. Kita semua harus bertahan membangun kesadaran bahwa yang benar tak boleh dikompromikan.

  43. Bahwa kebenaran Tuhan tak akan meragukan dan bahwa kepentingan sempit mendatangkan keraguan.

  44. Bahwa keberanian bukan untuk menghancurkan barisan tetapi untuk membangun kekokohan gerak.

  45. Bahwa feodalisme adalah musuh sejarah kita karena ialah penghalang kita menuju kebenaran.

  46. Bahwa tiran atas nama apapun adalah angkara murka seperti namrudz dan kolonial.

  47. Bahwa musuh kita yang abadi adalah kezaliman termasuk yg mungkin ada dalam diri kita sendiri.

  48. Bahwa bangsa dan Ummat kita berhak atas kehidupan yang lebih baik demi kemanusiaan.

  49. Mereka yang bercokol dan menebar perasaan tak sanggup dan putus asa pada rakyat akan kita hadapi.

  50. Gelombang baru harus diciptakan untuk melawan perasaan tidak berdaya ini. (Selesai)



___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

Di Tegal 'Kota Warteg' PKS Bagikan Ribuan Bungkus Daging Qurban

I’dhul Adha Tahun ini Kader PKS Kota Tegal memotong hewan qurban sebanyak 55 Ekor Hewan qurban . Masing – masing terdiri dari 50 Ekor kambing dan 5 Ekor Sapi.

“Data yang sudah masuk sampai dengan hari ini tercatat 5 Ekor sapi dan 50 Ekor kambing“, Ujar Ketua Umum DPD PKS, H. Amiruddin, Lc di Kantor DPD PKS Kota Tegal  (Ahad 28/10/12).

Dari jumlah hewan qurban sebanyak 55 Ekor tersebut diantaranya berasal dari 1 Ekor Sapi dari Pak Suswono, Mentan RI dari PKS, 1 Ekor Sapi dari Pak Rohmani, Anggota FPKS DPR RI, 3 Ekor Sapi Patungan dari Kader – kader PKS . Dari Anggota DPRD Kota Tegal Asal PKS  Rachmat Rahardjo, Rofii Ali, dan H. Darni Iamduddin masing –masing 2 Ekor Kambing , dan selebihnya berasal dari Kader PKS lainnya.

Hewan qurban yang terkumpul kami distribusikan ke 4 Kecamatan yang Ada Di Kota Tegal yaitu DPC PKS Kec. Tegal Selatan , Abdul Ghoni, DPC PKS Kec. Tegal Timur, Isya Imanuddin, DPC PKS Kec. Tegal Barat, Abdul Jalal, dan DPC PKS Kec. Margadana , Samsul Bahri.

“Hewan qurban yang kami peroleh dari Kader kami distribusikan ke masing –masing DPC, agar setiap DPC bisa lebih efektif membagikan daging qurban kepada masyarakat yang ada di wilayahnya, karena kader yang ada di DPC lebih tahu akan pembagiannya, dan kami harapkan  DPC bisa berkoordinasi dengan Ketua DPRanya sehingga dari 27 Kelurahan yang ada di Kota Tegal dipastikan semuanya terjangkau”, Demikian ujar  H. Amiruddin, LC.

Informasi yang kami dapat dari masing –masing DPC dari Hewan Qurban yang dipotong  terkumpul sekitar  3000 bungkus dan itu berhasil didistribusikan ke 27 Kelurahan yang ada di Kota Tegal diantaranya Ibu –ibu anggota PWK, simpatisan PKS dan Masyarakat  kurang mampu di lingkungan Kantor PKS dan lingkungan Kader .

Ketua Umum DPD PKS Kota Tegal Ustadz  Amiruddin, Lc, yang juga melakukan penyembelihan hewan qurban, menghimbau agar prestasi ini dipertahankan atau bahkan ditingkatkan, sehingga kemanfaatan lebih banyak dapat dirasakan oleh masyarakat luas. (Humas PKS Kota Tegal)


"JALAN MENUJU SURGA" Begitu Mudah dan Terang | [Kajian Hadits]


JALAN MENUJU SURGA

Oleh: Abu Arsyad*

عَنْ أَبِيْ عَـبْدِاللهِ جَابِرِ بْنِ عَبْدِاللهِ الأَنْصَارِيِّ رَضِـيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَجُلاً سَأَلَ رَسُـوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ :أَرَأَيْتَ إِذَا صَلَّيْتُ الْمَكْتُوْبَاتِ , وَصُمْتُرَمَضَانَ وَأَحْلَلْتُ الْحَلاَلَ , وَحَرَّمْتُ الْحَرَامَ وَلَمْ أَزِدْ عَلَى ذَلِكَ شَـيْئاً، أَأَدْخُـلُ الْجَـنَّة ؟ قَالَ -نَعَمْ- رواه مسلم

Dari Abdullah Jabir bin Abdillah Al-Anshari ra, bahwasanya seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah saw, “Bagaimana pendapatmu, jika aku melaksanakan shalat-shalat fardhu, berpuasa di bulan Ramadhan, menghalalkan yang halal dan mengharamkan yang haram, serta aku tidak menambah dengan sesuatu apapun selain itu, apakah (dengan hal tersebut) bisa menjadikan aku masuk surga?” Rasulullah saw menjawab, “Ya.” (HR. Muslim)

Allah swt telah mengutus Nabi-Nya, Muhammad saw sebagai rahmat bagi alam semesta. Menyelamatkan umat manusia dari beragam bentuk kesesatan dan mengajak untuk menapaki jalan hidayah yang dapat menghantarkanke alam surga-Nya.

Jalan menuju surga terasa begitu mudahnya dan begitu terangnya. Allah telah menetapkan rambu-rambu dan juga aturan-aturannya. Siapa saja, yang mentaatinya dan komitmen dengan rambu-rambu itu, nisacaya ia sampai ke tujuan itu. Namun, jika ia melanggar rambu-rambu itu, tentu ia akan sesat dan jauh dari jalan kebenaran.

Rambu-rambu itu, sesuai dengan kesanggupan manusia. Sebab, Allah menghendaki kemudahan dan bukan kesulitan. Allah firmankan, yang artinya, "Dia (Allah), sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama ini suatu kesempitan (menyulitkan). (QS. Al-Hajj: 78)

Dalam ayat yang lain, juga Allah firmankan, yang artinya, "Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur." (QS. Al-Ma'idah: 6)

"Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu." (QS. Al-Baqarah: 185)

Kedudukan Hadits

Al-Jurdani mengatakan, "Hadits ini memiliki kedudukan yang tinggi dan merupakan siklus ajaran Islam. Sebab, pada dasarnya amal perbuatan itu meliputi perbuatan hati dan anggota badan. Perbuatan-perbuatan ini, hanya ada dua kemungkinan: dibolehkan (halal) atau  dilarang (haram). Jika seseorang telah melaksanakan yang halal dan menjauhi yang haram, maka ia telah melaksanakan semua tugas dan agama, dan tentu ia masuk surga.

Ada juga yang mengatakan, "Hadits ini memberikan gambaran penting tentang kaidah beramal secara umum dalam Islam. Bahkan mencakup seluruh ajaran Islam. Kaidah yang digambarkan hadits ini adalah bahwa sesungguhnya segala amal perbuatan itu boleh dilaksanakan selagi terpatri dengan kewajiban-kewajiban syariat serta tidak melanggar prinsip umum hukum Islam, yaitu menghalalkan yang halal dan mengharamkan yang haram.

Terkait dengan hal ini, ulama ushul fiqh memberikan satu kaidah tersendiri mengenai bolehnya melakukan segala perbuatan dalam muamalah dengan kaidah: Hukum asal dalam bermuamalah adalah boleh, kecuali ada dalil yang melarang perbuatan tersebut. Sedangkan dalam hal ibadah: Hukum asal dalam ibadah adalah terlarang, hingga ada dalil yang memerintahkannya."

Ibnu Rajab Al-Hanbali rahimahullah berkata, "Sebagian ulama menafsirkan makna menghalalkan yang halal adalah meyakini bahwa hal tersebut halal; dan makna mengharamkan yang haram adalah, meyakini bahwa hal tersebut haram sebagaimana yang Allah haramkan, lalu menjauhinya.

Menghalalkan dan mengharamkan adalah hak Allah semata

Pada prinsipnya keimanan adalah keyakinan terhadap halalnya sesuatu yang telah dihalalkan oleh Allah, dan haramnya sesuatu yang telah diharamkan oleh Allah.  

Hanya Allah yang berhak menentukan halal dan haram, tiada seorang pun yang berwenang untuk menentukan hal itu. Betapa pun tingginya kedudukan manusia itu, baik dalam agama atau dunia, ia tidak berwenang; pendeta, rahib, raja atau penguasa. Jika ia memaksakan kehendaknya, maka ia telah melampaui batas dan melanggar Rububiyah Allah dalam membuat syari'at untuk makhluk. Dan siapa saja yang meridhai perbuatan tersebut dan mengikutinya, berarti dia telah menjadikannya sekutu bagi Allah, dan perbuatannya itu syirik. "Apakah mereka mempunyai sembahan-sembahan selain Allah yang mensyariatkan untuk mereka agama yang tidak diizinkan Allah?" (QS. Asy-Syuro: 21)

Dan ayat, yang artinya, "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa yang baik yang telah Allah halalkan bagi kamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas." (QS. Al-Ma'idah: 87)

Kesimpulan Hadits

1)    Islam itu mudah. Rasulullah saw bersabda, "Sesungguhnya agama itu mudah.  Tiada seorang pun yang memperberat dalam beragama, melainkan ia pasti akan lemah." (HR. Bukhari)

2)    Kesederhanaan dalam beramal, disertai ketulusan dan keikhlasan untuk senantiasa berpijak pada syariat Allah, akan mengantarkan seseorang pada surga Allah swt.

3)    Beragamnya bentuk amal ibadah di dalam Islam merupakan rahmat Allah kepada para hamba-Nya agar senantiasa membangun dan menjaga hubungan antara keduanya dan menghilangkan rasa kejenuhan, serta menghimpun banyak pahala.

4)    Islam memberikan kebebasan amal dalam bidang mu'amalah, selama tidak ada dalil yang melarang satu perbuatan tertentu.

5)    Diharuskan bagi para dai bersikap bijaksana dan senantiasa memberikan motivasi objek dakwahnya untuk beramal, kendatipun kecilnya amalan tersebut. Karena dengan adanya motivasi, seseorang akan terus tergerak untuk beramal yang lebih baik, sebagaimana jawaban Rasulullah saw pada hadits di atas.

6)    Dalam beberapa hadits, shalat dan puasa selalu disebutkan sebagai amalan yang dapat memasukkan seseorang ke dalam surga. Hal ini menunjukkan pentingnya peranan shalat dan puasa. Sehingga tiada alasan bagi seseorang mengabaikan kedua ibadah ini dalam kondisi apapun juga.

7)    Penyebutan shalat dan puasa yang berulang-ulang, sekaligus menunjukkan bahwa sesungguhnya shalat dan puasa memiliki implikasi positif dalam diri siapapun yang mengamalkannya. Shalat dan puasa bukanlah sebuah ritual yang wajib dilaksanakan tanpa ada tujuan. Namun shalat dan puasa adalah ibarat pondasi dasar dan pagar yang dapat membentengi iman dari kerusakan dan kehancuran seorang mukmin.

Allahu a'lam

*Abu Arsyad, Seturan Jogja, 28-10-2012, dinihari, pukul 02.56; Ahad 12 Dzulhijjah 1433 H


INQILAB Politik | Kolom Musyafa Ahmad Rahim

Sabtu, 27 Oktober 2012





Musyafa Ahmad Rahim
Kaderisasi DPP PKS

 
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ada yang bilang: "dah lama ga denger kata "inqilab", itu tu, kata yang sangat populer di kita di tahun 80-an, 90-an (insyaAllah tetap populer sampai sekarang dan selanjutnya).

Berikut adalah satu dari sekian banyak cerita INQILAB dari generasi sahabat Nabi SAW.

« Dari Abu Hurairah RA ia berkata:

"Rasulullah SAW mengutus satu pasukan berkuda ke arah Nejd, dalam perjalanan pulang, pasukan itu membawa (tawanan) seorang lelaki dari Bani Hanifah, namanya: Tsumamah bin Utsal; pemimpin Yamamah. Lalu pasukan itu mengikat Tsumamah pada salah satu tiang masjid Nabawi.

Rasulullah SAW keluar rumah beliau untuk menemuinya.

Beliau bersabda: 'Apa yang engkau miliki wahai Tsumamah?'

Maka Tsumamah berkata: 'Yang aku miliki wahai Muhammad, lebih baik: jika engkau membunuh, engkau membunuh seseorang yang mempunyai darah (mampu membalas dengan perang yang berdarah-darah), dan jika engkau memberi nikmat (tidak membunuh), engkau memberi nikmat kepada orang yang pandai bersyukur, jika engkau menginginkan harta, mintalah, niscaya diberi'.

Lalu Rasulullah SAW meninggalkannya sampai esok hari.

Besuknya Rasulullah SAW bersabda: 'Apa yang engkau miliki wahai Tsumamah?'

Maka Tsumamah berkata: 'Yang aku miliki wahai Muhammad, lebih baik: jika engkau membunuh, engkau membunuh seseorang yang mempunyai darah (mampu membalas dengan perang yang berdarah-darah), dan jika engkau memberi nikmat (tidak membunuh), engkau memberi nikmat kepada orang yang pandai bersyukur, jika engkau menginginkan harta, mintalah, niscaya diberi'.

Lalu Rasulullah SAW meninggalkannya sampai esok hari.

Besuknya Rasulullah SAW bersabda: 'Apa yang engkau miliki wahai Tsumamah?'

Maka Tsumamah berkata: 'Yang aku miliki wahai Muhammad, lebih baik: jika engkau membunuh, engkau membunuh seseorang yang mempunyai darah (mampu membalas dengan perang yang berdarah-darah), dan jika engkau memberi nikmat (tidak membunuh), engkau memberi nikmat kepada orang yang pandai bersyukur, jika engkau menginginkan harta, mintalah, niscaya diberi'.

Lalu Rasulullah SAW bersabda: 'Lepaskan Tsumamah'.

Maka Tsumamah pergi ke tempat air dekat pohon kurma di dekat masjid Nabawi, lalu ia mandi di situ, kemudian memasuki masjid, lalu berkata: 'Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad SAW adalah hamba dan Rasulullah.

Lalu ia berkata lagi : [inilah bentuk INQILAB-nya]

'Wahai Muhammad, demi Allah, tadinya, tidak ada wajah di muka bumi ini yang paling aku benci kecuali wajahmu. Sekarang dan seterusnya wajah yang paling aku cintai adalah wajah engkau'.

'Demi Allah, tadinya tidak ada satu agama yang paling aku benci kecuali agamamu. Sekarang dan seterusnya agamamu adalah agama yang paling aku cintai.'

'Tadinya, tidak ada satu negeri yang paling aku benci kecuali negerimu. Sekarang dan seterusnya negerimu adalah negeri yang paling aku cintai.'

'Dan bahwasanya pasukan berkudamu menangkapku saat aku bermaksud melakukan umrah, bagaimana pendapatmu?'

Maka Rasulullah SAW memberi berita gembira kepadanya dan memerintahkannya untuk ber-umrah.

Sesampainya Tsumamah di Makkah, ada yang berkata kepadanya: 'kamu keluar dari agama nenek moyang ya Tsumamah?'.

Ia menjawab: 'Tidak, akan tetapi aku masuk Islam bersama Rasulullah SAW. Demi Allah, kalian (penduduk Makkah) tidak akan mendapatkan pasokan gandum satu biji pun dari Yamamah sebelum ada ijin dari Rasulullah SAW»
 
HR Bukhari [4372] dan Muslim [1764]


Jadi bukan hanya INQILAB dalam rasa benci ke cinta, tapi sekaligus mengancam daya tahan Makkah secara logistik, sebab gandum Makkah sumbernya Yamamah, negeri Tsumamah.

Jadi, INQILAB-nya berkaitan langsung dengan politik pada waktu itu, yaitu memperlemah pertahanan Makkah, khususnya dalam hal logistik.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

Berkat Berternak Kelinci, Kader PKS Tegal Raih Simpati

Disebuah sudut lapangan rumput di tengah terik matahari. Terlihat seorang bapak berkeringat, kulitpun terlihat hitam terbakar oleh sengatan matahari, tapi tak menyurutkan semangat bapak ini untuk meng'arit' rumput setiap harinya. Inilah potret salah seorang kader PKS Kabupaten Tegal, gambaran akan kiprah dan pengaruhnya di tengah masyarakat. 
Okie Tobiin, ketua DPC PKS Kecamatan Talang. Terbilang belum genap 2 tahun, aksi nyatanya telah menggugah warga Talang Kabupaten Tegal akan kreatifitas dan terobosan mandiri di tengah usaha yang dirintisnya. 

Cukup lama kami tim reportase menunggu beliau dirumahnya, kami memang telah lama membuat janji hendak  bersilaturrahmi ke rumah beliau. Saat berselang Bapak satu anak inipun datang dan berkata, "maafkan saya, tadi habis beli ampas tahu untuk pakan kelinci, ditengah jalan ban motor saya bocor dan saya tambalkan, ya jadi njenengan nunggu lama, afwan jiddan".

Setiap orang yang berjumpa dengannya pun tidak akan menyangka, ditengah kesederhanaan dan keuletannya, ternyata usahanya ber"ternak kelinci" telah berhasil meraup omzet jutaan rupiah. Suka duka memulai usaha inipun diceritakannya, "saya memulai usaha ini hanya berbekal 700rb, dan sebagian dana itu hutang. Karena saya sudah berniat memulai usaha beternak kelinci, ya bismillah aja". 

Usaha beternak kelinci memang terbilang jarang orang yang menguasainya, oleh karena itu Bapak satu anak inipun bertekad dan selalu mengejar pelatihan-pelatihan beternak kelinci dimanapun. "Saya gak pantang menyerah, ke Bandung, Purwokerto, sampai ke Malang saya kejar (red. Pelatihan), "Sekarang ini saya bahkan mulai berinovasi menemukan obat herbal cair dan pakan yang cocok untuk kelinci".

Dan kenapa pilihan ber'bisnis' kelinci yang dipilihnya?

Bapak yang kesehariannya dipanggil Oki ini, menjabarkan betapa menggiurkan beternak kelinci sebagai salah satu peluang bisnis. "Setidaknya dari 30 anak kelinci, jika anda berhasil memeliharanya hingga umur 90 hari, maka minimal pendapatan bersih anda tidak kurang dari 2juta rupiah". Dan alhamdulillah sekarang saya telah menghadapi permintaan pedagang hewan peliharaan 100 ekor setiap bulannya, terkadang permintaan pasar lebih.

"Sekarang, setelah saya menemukan ramuan obat herbal untuk campuran minum kelinci dan alat pembuat pelet (red.butiran) pakan kelinci, banyak warga yang bertanya dan meminta untuk mengajarkan caranya beternak kelinci. Apalagi setelah, urin kelinci saya coba fragmentasi menjadi pupuk cair. Memang belum cukup terkenal, tapi telah ada yang mencobanya dan hasilnya diluar dugaan. Sangat baik untuk perkembangan tanaman padi, asalkan komposisinya sesuai".

Sebagai seorang kader, Oki pun tetap menjalankan perannya sebagai Pelayan masyarakat, dengan mengajak seluruh kader dan simpatisan dalam kegiatan pengkaderan dan bakti sosial di kecamatan Talang.

Dalam salah satu taujihnya, Ust Fikri Fakih berkata, "tidak hanya dibutuhkan semangat dalam menjalani dakwah ini, tapi juga kreatif dan berbeda", dan peran ini telah dijalankan oleh Oki, salah satu kader Partai Keadilan Kabupaten Tegal.

Syeikh Musthafa Masyhur pernah berkata, "tahukah anda orang yang muntijah (produktif)?". Lanjut beliau, "bukan hanya karena dia memiliki banyak harta, bukan pula hanya karena ia memiliki banyak ilmu, ataupun telah banyak usianya. Seorang al-akh yang muntijah itu adalah, seorang al-akh yang tidak membebani orang lain dan dakwah ini". (adminpkskabtegal)

*http://www.pkskabupatentegal.com/2012/10/berkat-berternak-kelinci-kader-pks.html

___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia

Ber-IDUL ADHA & Bertemu Ismail Haniya di Gaza | LIPUTAN Hari-hari di Gaza Relawan Indonesia

Jumat, 26 Oktober 2012

Sang 'Komandan Gaza' Suripto sambutan sesaat setelah berhasil masuk Gaza (24/10)

GAZA - Rabu (24/10), setelah menempuh perjalanan 7 jam dari Mesir ke Perbatasan Rafah, rombongan relawan Indonesia yang tergabung dalam Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) yang dipimpin Suripto berhasil memasuki Gaza Palestina.

Masyarakat dan aparat Palestina sangat bergembira menyambut relawan Indonesia ini. Bahkan Menteri Tenaga Kerja & Sosial Palestina, Syaikh Ahmad Kurdi Abu Usamah, secara khsusu hadir untuk menyambut rombongan ini di Gedung Imigrasi di Kota Rafah.

Pada kesempatan itu, Suripto menyatakan kegembiraanya dapat berkunjung kembali ke Gaza Palestina,

“Kami datang 10.000 mil dari Indonesia sana untuk menunjukkan kepedulian kami atas penderitaan rakyat Palestina,” tegasnya penuh semangat saat memasuki Gaza Rabu (24/10) malam waktu setempat. KNRP membawa total dana yang akan disumbangkan berikut hewan kurban berjumlah Rp 1,5 Miliar.

Ternyata KNRP tidak sendirian, secara bersamaan datang juga ke Gaza Kafilah Miles for Smiles (Bermil-mil membawa Senyum) yang terdiri dari 10 negara (diantaranya, Jerman, Swedia, Belanda, Aljazair, Turki, Mesir, Kuwait, Jordania, Malaysia) yang juga akan berikan bantuan dalam bentuk hewan kurban dan uang tunai untuk menyambut perayaan Idul Adha Jum’at (26/10).

Saat rombongan KNRP tiba di Rafah (perbatasan Mesir dan Palestina) suasana sangat meriah dipenuhi 'pemudik'. Memang sejak Mesir dipimpin presiden Muhammad Mursi perbatasan Rafah yang semula tertutup kini dibuka seluas-luasnya sehingga banyak warga Palestina yang tinggal di berbagai negara berbondong-bondong mudik ke Palestina dalam rangka Idul Adha tahun ini. "Dimasa Mursi, rakyat Gaza benar-benar bahagia," tutur Afwan Riyadi vokalis Izis salah satu peserta rombongan Relawan KNRP.

***

Sungguh beruntung mereka yang tergabung dalam Tim Relawan KNRP dapat berkunjung ke tanah para Nabi, bersilaturahim dengan mujahid-mujahid sejati dan dapat berbagi kepedulian.

Lika-liku detil perjalanan mereka yang penuh keberkahan ini kami share yang diambil dari twit-twit Tim Relawan KNRP.... @afwan_riyadi @gu2n_gunawan @zudin2007 @aldy203 @airakaz @infoknrp


RABU (24/10)

@gu2n_gunawan :
  1. Day 1 [gaza city] | subhanallah sungguh benar janji 'Barokna haulahu..' benar2 bumi para ambiya ini diberkahi.

  2. Semenjak perjalanan dr Mesir - Gaza semua kami lalui dengan kemudahan.

  3. Kabar tentang cekpoint yg padat serta gaharnya wajah tentara perbatasan…

  4. ..menjadi berbeda dengan senyuman dan sapaan hangat mrk.

  5. Sesekali dpt teguran ketika saya bersama @airakaz ketika take foto diimigrasi mesir.

  6. Mrk menegur kami dg sopan dan senyuman indah, kami pun merasa takjub.

  7. Kontras semasa rezim HM semua menjadi sulit. Tanpa senyum, wajah garang, kekerasan yg sering terjadi.

  8. Di era Mursi perlahan 180 derajat  imigrasi mesir berubah; terlihat dr attitude pelayan imigrasinya.

  9. Saya melihat secara lokasi memang seperti ini suasana negara mesir pasca revolusi, ada transisi.

  10. Attitude warganya selama rezim HM, dirusak dg pndidikan kekerasan, ketakutan and apriori.

  11. 5 jam wkt yg lumayan lama menunggu di imigrasi mesir, krn bersamaan dg hr libur adha.

  12. Namun dilewati dg semangat #freepalestine. Alhamdulillah prosesnya done (selesai).

  13. Merinding tubuh ini, air mata tak kuasa menahan Ketakjuban yg luar biasa.

  14. Tubuh ini menginjakkan kakinya dibumi ambiya ini

  15. Sambutan wrgnya, Subhanallah hangattt sekali diKantor imigrasi palestina.

  16. Bersih dan lebih beradab. Mirip2 dengan kantor imigrasi singapurabeursihhh sangat.

  17. Masuknya kami ke negeri ambiya ini disambut oleh Pejabat teras Palestine.

  18. Yel-yel pembangkit semangat, smngt up bersma rombongan 10 negara, salah satunya malaysia tetangga kita.

  19. Diawali sambutan ketua KNRP Suripto & Live perform @IZIS_Nasyid ta'aruf kami dg rombongan dr 10 negara.

  20. Ribuan mil kami lalui dngan semangat #freepalestine untuk hadirkan kepedulian global.

  21. Pemerintahan Palestina dibawah Ismail Haniya adalah pemerintahan merdeka.

  22. Blokade zionis tdk membuat mrk patah arang untk bangkitkan semangat perjuangan.


...selanjutnya LIPUTAN kami ambilkan dari twit @afwan_riyadi, dan twit2 lain menambahi...

@afwan_riyadi :

RABU (24/10)
Posisi kami skrg di gurun Sinai, rehat u makan siang stlh melewati 3 check point.

Perjalanan kami menyusuri pantai laut Mediterania. Pantai indah berpasir putih. Sayang dijaga israel smp 3 mil.

Setelah terusan Suez, banyak pos2 militer. Diantaranya berjajar panzer2 & meriam2 anti tank. Kondisi Sinai memang sdg sering kontak senjata.

Dlm perjalanan ini Syaikh Mas'ud As-Sibahi jd inspirasi. Beliau pernah dipenjara rezim Nasser slm 8thn, perang Afghan, dideportasi dr UEA ..

.. tp beliau ttp sehat hng kini usia 72thn. Perang tdk mempercepat ajal, smua sdh ada takdirnya. Ini yg mantapkan jiwa dlm qurban4palestine.

Baru sj 3 tentara zionis diserang Al-Qassam. Biasanya akan ada serangan balasan ke Gaza. Seru nih, mohon doanya yg bnyk y.
  • Ahamd sdh smp Gaza setelah tertahan di perbatasan Rafah slama 5 jam.
  • Rafah = Perbatasan Mesir n Palestina. Kota Rafah ini terbagi 2 negara (Mesir-Palestina).
  • Tertahan bkn krn masalah besar. Ikhwah di Gaza ingin rombongan msk dlm rombongan besar shg bs disambut sekalian.
  • Kalo perbatasan Rafah sdh sangat terbuka. 24jam semua boleh masuk. Petugas2 ramah. Jauh dibanding saat mubarak berkuasa.
  • Ini suasana terminal perbatasan yg sgt ramai.
  • Kami masuk bersama rombongan2 dr Turki, Kuwait, Yordan, Mesir, Aljazair dll, disebut kafilah terbesar yg pernah msk Gaza.
  • Mereka ini org2 Palestina dr berbagai negara. Baru thn ini bs mudik ke Gaza stlh bertahun2 tak bs pulang.
  • Di terminal perbatasan, km spt selebriti aja. Disapa banyak org, diajak foto2. Semua berterimakasih pd Indonesia.
  • Ini suasana penyambutan kami di gedung imigrasi Palestina. Kami diminta bernasyid dsini.
  • Disini Idul Adha lbh ramai drpd Idul Fitri. Momen mudik ya saat ini. Pantas perbatasan sgt ramai.
  • Disinilah kami menjalankan peran total diplomacy, membawa nama baik RI dimata dunia. Mk jgn lg ada yg sinis ttg aksi peduli Palestina ini.
  • Bahkan setiba di Gaza, km disambut Mentri. Di hotel beliau jg menemui km scr khusus u technical meeting, apa sj yg ingin km lakukan di Gaza.
  • Penginapan km tepi pantai. Darisini terlihat jelas lampu dr kapal patroli israel. Mrk akan menembak siapa sj yg melaut lbh dr 3 mil.

KAMIS (25/10) dini hari...
  • Km sdg sahur dsini, pukul 3:42. Subhanallah bs shaum Arafah di Palestina.
  • Sahur dg 'Ish, roti khas sini. Alot2 gmana gitu. Sy tambahi daging n timun, jd mirip sandwich.
  • Disini rombongan bersama dg Miles for Smile, digagas oleh Aman Palestin Malaysia. Kami 1 bus dg mrk.
  • Di Gaza semua rapi, subhanallah. Jalanan bersih, jauh dibanding Kairo. Penjaga2 km pakai tuxedo rapi n full senyum. Wajahnya tampan2.
  • Disini mmg sdg ‘panas’, sdg tukar menukar roket (serangan israel-gaza –ed). Tp smua bkerja dg itqan. Yg perang itqon, yg menyambut kami jg itqon.
  • Berita semalam Gaza kembli memanas. Betul. Tp ikhwah dsini sdh siap semua.
  • Mentri yg menyambut & mengajak km meeting khusus adlh Syaikh Ahmad Kurdi Abu Usamah, mentri sosial & tenaga kerja. Km dianggap tamu negara.
  • Sayang km tak jadi bareng dg Emir Qatar, beliau memajukan jadwal. Tp kehadiran beliau luar biasa efeknya. Perbatasan yg tdnya ditutup ...
  • .. krn libur idul adha, jd full dibuka 24jam. Semua barang bs masuk Gaza. Perbatasan ini dijaga Mesir. Dimasa Mursi, rkyt Gaza bnr2 bahagia.
  • Itu semua reportase malam pertama km di Gaza. Baca jg TL dr kawan2 yg sy rekomen kemarin u dpt kisah dr sisi yg lain.
  • Cuaca dsini mirip Puncak, pdhal tepi pantai. Bulan november akan masuk musim dingin. Masy disini amat bersih n berpenampilan rapi.


KAMIS (25/10) pagi-siang-sore-malam....

  • City tour di Gaza, melihat aktifitas warga disiang hari. Bersama guide km akh Ahmad.
  • Gaza ini tempat kelahiran Imam Syafi'i. Warganya bersih n rapi walau dlm kondisi serba kekurangan akibat blokade.
Agenda hari ini Subhanallah.. Mulai dr melihat bangunan2 yg hancur akibat bombardir zionis israel Harb Al Furqon 2009. (@airakaz)
  • Melewati kamp pengungsi. Dr 1.7jt penduduk Gaza, 70% adalah pengungsi. Termasuk PM Ismail Haniya.
  • Beliau memilih tinggal dirumahnya sblm menjadi PM, di kamp pengungsi pinggir pantai.
  • Beliau sederhana & merakyat, pantas warga sgt mencintainya. Ini pintu jalan menuju rumah beliau
  • Kami melalui perbatasan dg israel. Tower & balon surveilance mereka jelas terlihat. Km hanya 500m dg mereka.
  • Di Gaza tiap hari ada serangan Israel, termasuk semalam hanya berjarak 2km dr penginapan kami. Tp tak terasa disini.
  • Lalu kami ke masjid Umary, masjid terbesar dan tertua di Gaza berumur 3000 thn. Disini salah satu pusat tahfiz n qori' Al Quran, dipimpin Syeh 'Ahid Zinu.
  • Masjid Umary ini awalnya biara pagan. Lalu menjadi gereja dmasa Romawi. Lalu menjadi masjid dimasa Umar bin Khattab. (foto8)
  • Masjid ini sempat jd gereja lg saat perang salib 1. Tp jadi masjid lagi pd dinasti Mamalik II. Smp hari ini.
  • Jama'ah masjid ini ramai sekali. Ini pintu masuk masjid. Halamannya marmer dingin.
  • Kami ditanya hafalan al Quran sdh berapa juz sama anak2 kecil dimasjid ini. :D .. jadi malu. (foto10)
  • Masjid Umary ini tepat dijantung Gaza. Dkt pasar. Mudirnya masih muda sekali. Sekitar awal 30thn, menguasai semua qira'aty.
  • Lalu kami ke makam Syaikh Ahmad Yassin & DR.Abdul Aziz Ar-Rantisi.
  • Smoga kt smua bs terinspirasi dg beliau. Dlm keterbatasannya, dpt membawa cahaya dakwah diseluruh dunia. Subhanallah.
Suasana pasar di kota gaza, mereka selalu melambaikan tangan dan mengucapkan salam kpd rombongan. (@zudin2007)
  • Kami barusaja mengunjungi hewan kurban yg kamj beli untuk #qurban4palestine. Ini yg mau sy share..
  • Disini ada area bernama Muharrarah, artinya 'yang dibebaskan'. Disinilah perkebunan & pertanian dikembangkan.
  • Mengapa disebut Muharrarah? Krn awalnya wilayah ini adalah wilayah pemukiman yahudi.
  • Lalu pd tahun 2005, pasca pembunuhan Syaikh Ahmad Yassin & ar-Rantisi, para mujahid membersihkan Gaza dr musuh.
  • Termasuk org2 Yahudi diusir paksa dt Gaza. Wilayah yg mrk tinggalkan dikelola negara menjadi lahan pertanian & peternakan.
  • Palestina sgt bernafsu mengejar swasembada pangan. Disini berbagai bahan pangan diproduksi maksimal. Visi mereka bs expor.
  • Uniknya, muharrarah ini ada di area pantai. Tp berbagai tumbuhan tumbuh subur. Zaitun, tin, buah, sayur semuanya. Inilah tanah yg diberkahi.
Kebun cabe, tomat, sayuran sebagai program swaswmbada pangan gaza.. @zudin2007
  • Visi swasembada ini luar biasa, krn areanya relatif kecil & masy Gaza makannya buanyak! :D
Saat kami ifthar (shaum arafah) dg nasi briyani. Porsi kami untuk 4 org tidak habis, mereka bs sendirian habis. Masya Allah :D
  • Muharrarah ini dikelola Syaikh Ahmad Kurdi yg menyambut km semalam. Dsini membuka lap.kerja untuk 300 org.
  • Profit penjualan hasil pangan ini dibagikan kpd fakir miskin & yatim di seluruh Palestina. Dsini banyak LSM berbagai negara berinvestasi.
  • Ditengah kebun n ternak d padangpasir itu, ada taman yg sangat indah. In frame dkit ya :-)
  • Tapi ada berita sedih. Dr jauh km lihat asap membumbung. Serangan israel? Bs jadi. Tp Ahmad mengatakan tdk apa2.
  • Sempat melihat kamp pelatihan Izzuddin al-Qassam. Km sempat meminta bs bertemu dg panglima tertingginya, tp Ahmad sendiri tak tahu siapa.
  • Ketika km sebut namanya, Ahmad mengaku tak kenal & tak tahu wajahnya. Subhanallah upaya mrk menjaga rahasia.
  • Jauh lbh mudah menemui PM Ismail Haniya. (Besok kami akan shalat ied bersama beliau insya Allah, dan dijamu beliau).
  • Lalu kami diajak ifthor jama'i bersama ikhwah2 dr berbagai negara Arab. Ukhuwwah terasa amat kuat. Indah sekali.
  • Rombongan ikhwah dr Yordania sgt semangat bernasyid Qum Ya Shalahudin sblm ifthor td sore.
  • Sblm ifthor, MC memimpin doa rabitah & qunut nazilah. Mrk yg dkt dg perang ini berdoa mengharap syahadah. Subhanallah
  • Ini MC yg memimpin doa. Ganteng & rambutnya panjang. Sy bayangkan Nabi Yusuf wajahnya serupa2 mereka...
  • Mereka jg mendoakan mujahidin d Suriah. Subhanallah. Dlm perang, mereka saling mendoakan.
      Pertemuan Miles of Smiles :
  • Malam ini sdg pertemuan Miles of Smiles Convoy, penyambutan kafilah2 dr berbagai negara. Walau dlm kondisi perang & blokade ..
  • .. rakyat Palestina selalu berusaha menjamu tamu dg sebaik-baiknya. Tak dirasa kami ini dlm wilayah perang.
  • Inilah indahnya Islam yg dijalankan oleh pemerintah & masyarakatnya sekaligus. Mereka benar2 menjaga km jgn smp merasa terancam & tak nyaman.
  • Padahal lampu2 Israel sangat jelas terlihat dr sini, baik dilaut maupun didarat. Msg2 sangat mudah saling serang.
  • Penyerahan bantuan KNRP kpd PPDP, sebuah lembaga recovery pasca perang di Gaza.
  • Ust @irsyad2005 menyampaikan sambutan dlm meeting semua kafilah (Miles of Smiles). Disambut meriah o semua delegasi. Inilah TOTAL DIPLOMACY.
  • Izis manggung bareng syaikh Ishom Abu Yusuf, ketua PPDP (sebuah lembaga recovery pasca perang di Gaza). NyanyikanQum Ya Shalahudin. 


JUMAT (26/10) IDUL ADHA

  • Ied Mubarak kawan2. Kami sdg bersiap berangkat shalat Ied bersama PM Ismail Haniya. Ada 4 org kami dijamu VIP o beliau.
  • Hari ini adlh hari terbaik. Berbuat amal kebaikan di hari ini nilainya melebihi semua amal dihari lain. Subhanallah .. #qurban4palestine.
  • Tadi kami shalat Ied Adha bersama PM Ismail Haniya dikamp pengungsi. Beliau sendiri jd imam & khatib.
  • Suaranya bagus. Beliau membaca al-A'la dirakaat 1,al-Ghasiyah & al-Kautsar dirakaat 2.
PM.Haniya sdh dpt qiro'at bersambung pd Rasul.Saw riwayat Hafs thoriq syatibiyyah - @fayrizani

Merdu sekali suaranya sampai mata ini berlinang #Qurban4Palestine #gakNyangka aku di Imami beliau.. @gu2n_gunawan
  • Kami dpt shaf depan. Persis dibelakang pengawal2. Polisi & protokoler banyak menjaga. Ada jg trntara diatap2 gedung.
  • Dlm khutbahnya, PM Haniya mengucapkan selamat dtg & terimakasih kpd relawan2. Indonesia dsebut pertama!!
Dalam khutbahnya tadi,Ismail Haniyya berterima kasih sekali kepada kafilah² yang memberikan bantuan ...  @aldy203
Teriring salam dan do'a dr Ismail Haniyya kpd kawan² Indonesia yg telah menempuh perjalanan ribuan mil ... @aldy203
  • PM Haniya lancar sekali dlm menyampaikan khutbah. Tegas. Jelas. Dg artikulasi mantab. Terbayang sy kpd sosok Umar ra.
Beberapa point yang disampaikan oleh PM dalam khutbah iednya, bahwa gaza adalah pintu gerbang ke al quds. @zudin2007

Haniya: Kita berterima kasih kepada presidem mesir Mursyi atas dukungam dan bantuannya untuk membuka blokade. @zudin2007

PM menyampaikan salam kemerdekaan buat gaza kepada seleuruh pelosok negeri muslim, gaza di hati kalian. @zudin2007
  • Lalu warga Gaza menyalami kami, berterimakasih kpd kita semua. Haru dlm ukhuwwah yg luar biasa ini. Kami serasa dikampung sendiri.
  • Foto suasana Ied Adha di Gaza. Kalau potong kambing insya Allah dilaksanakan besok. 
  • In frame dikit, diajak anak2 muda ini berfoto. Jgn pikir keluarga yg jauh, disini semua saudara dekat. (foto24)

  • Saat sarapan, IZIS ditawari manggung di .. Austria!!! Subhanallah. Maret nanti insya Allah. Ini berkah qurban4palestine.
  • Di Kairo lalu sdh masuk undangan buat IZIS manggung di Khartoum, Sudan. Jd 2013 jalan2 terus nih. Malaysia, Austria,Sudan & AS.
  • Semua bahagia disini. Termasuk relawan2 dr berbagai negara saling berpeluk haru & bahagia. Saling mendoakan. Inilah Ied penuh Barakah! 







___________ posted by: Blog PKS PIYUNGAN - Bekerja Untuk Kejayaan Indonesia
 
© Copyright PKS PIYUNGAN 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com | Redesign by PKS PIYUNGAN